On Tue, 02 Aug 2011 01:17:14 -0000
"hadie_it...@rocketmail.com" <hadie_it...@rocketmail.com> wrote:

> Selamat pagi Bapak-bapak,,
> Saat ini perusahaan saya sedang membutuhkan fasilitas data storage yang bisa
> diandalkan dalam segi kecepatan dan stabilitas, dimana sebelumnya kami telah
> memiliki data storage dengan kapasitas kurang lebih 10 Terra. Dan fungsi dari
> data storage tersebut adalah untuk penyimpanan file-file pdf bahan cetakan
> plate ( Perusahaan saya bergerak di bidang Percetakan). Apakah diantara
> Bapak-bapak sekalian ada yang memiliki rekomendasi vendor penyedia data
> storage yang dpt mensupport mulai dari analisa kebutuhan data storage yang
> [...]

Yang anda pakai storagenya apa? Akan lebih mudah kalo sama, karena :
1. mereka bisa membantu untuk migrasi data dari frame lama ke frame baru, atau
setidaknya membuat kedua frame menjadi seolah sama, karena pusing juga kalo
kudu akses data dari lokasi berbeda.
2. ketika migrasi selesai, frame lama bisa ditukartambahkan sebagai offset
harga frame baru.

Saya sarankan juga anda mulai mempelajari Hierarchical Storage Management,
karena pengalaman saya untuk client seperti anda (televisi dan radio digital,
lalu pemetaan geodetik, data seismic etc), sebetulnya tidak perlu semua data
kudu ada di hard disk yang cepat. Sebagai gambaran mungkin hanya data yang baru
atau umurnya masih sebulan, akan disimpan di hard disk enterprise SAS kecepatan
tinggi yang kapasitasnya kecil (karena mahal), lalu data yang umurnya 1 sampai
3 bulan, akan disimpan di hard disk enterprise SAS kecepatan rendah yang
kapasitasnya besar. Lalu data yang umurnya 3 sampai 6 bulan disimpan di hard
disk SATA kelas murah ukuran besar. Lalu data yang lebih tua dari 6 bulan
otomatis di-destage ke tape library yang costnya jauh lebih murah.
Contoh file system yang bisa melakukan ini adalah Oracle SAM-FS, atau kalo dari
EMC DisXtender, atau HDS Hitachi System Manager.

Kalau anda pernah mengalami pengalaman buruk kerusakan file image yang besar
karena terjadinya bit-rot (pembusukan data di media hard disk), mungkin juga
mempertimbangkan menggunakan file server yang berbasis ZFS file system, seperti
Solaris dan OpenSolaris, atau NexentaStor, atau FreeBSD. Atau kalo dalam produk
jadi, bisa beli Oracle Unified Storage 7xxx, atau Dell Compellent yang ZFS
based.
Hal ini disebabkan karena file system yang lain, meskipun dibangun di atas SAN
storage mahal seperti EMC ataupun HDS, bisa menjamin tidak terjadi bit-rot.
Kalo file file kecil sih bit-rot mungkin tidak masalah, tapi kalo file image
besar bisa jadi masalah. ZFS menjamin bit-rot tidak terjadi karena dalam proses
penulisan maupun pembacaan, checksum selalu dihitung dan diperiksa ulang, jadi
ada checkum bersama data.

--
The Eye In The Sky <syiwabhair...@yahoo.com.sg>