From: Billy Zulkifli <billyzulki...@gmail.com>
Sender: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Wed, 9 Nov 2011 14:01:13
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ITCENTER] Soal email spam

 "Untuk Laptop saya sudah menggunakan Firewall dan ada AV Smartdav"

kurang satu point AS (anti spam) (yang paling penting untuk aktivitas email)
penggunaan firewall juga tidak ada gunanya kalau kita tidak sengaja
mengallow akses yang sebenarnya tidak diinginkan
karena pada firewall pesan notifikasi yang muncul sering kali tidak jelas
dan sering kali user mengklik allow tanpa di analisa terlebih dahulu, kalau
sudah di allow oleh firewall, AV dan AS sudah tidak begitu berfungsi lagi
(untuk yang "suite")

Untuk BB, kalau mengunakan BES, seharusnya sudah ada antispamnya
tapi kalau manggunakan BIS, tergantung layanannya

sangat jarang spam muncul disebabkan oleh perangkat mobile (penyebab email
anda manjadi spam)
tapi kalau pc dan laptop sangat besar kemungkinannya terjadi.

Memang betul saran untuk mengganti alamat email merupakan yang paling cepat
untuk mensolvingkan masalah ini
dan yang saya sarankan ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga benar2
terhapus semua (tanpa install ulang)
cara lain, ya install ulang laptop anda, pasang semua driver, kemudian
install AV dan AS baru anda bisa terhubung ke internet. itu juga kalau
beberapa minggu/bulan ke belakang, anda yakin tidak mengakses email selain
menggunakan laptop anda dan BB, kalau tidak akan sangat sulit mengembalikan
email anda seperti semula.

note : Smadav bagus untuk menghapus virus manual, untuk automatis-nya tidak
begitu ok, karena untuk mengupdatenya saja butuh download ulang, kalo ga di
download ulang, smadavnya jadi ga powerfull lagi.  Smadav juga bagus untuk
digandeng dengan AV yang lain, jadi sebaiknya digandeng saja