From: Fitra Khan <muhamadfi...@gmail.com>
Sender: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Tue, 10 Jan 2012 19:13:28
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ITCENTER] DBMS

kalo dari database mysql itu tidak mendukung karena querynya tidak
mendukung beda IP server , tapi kurang tau yah kalo mysql server yang
berbayar,
cara mengantisipasinya ya dengan membuat aplikasi kecil, bisa dengan
java,vb,vfp,delphi,.NET atau sejenisnya  untuk memproses tarik data tiap
cabang
maupun sebaliknya dari server ke cabang.

saya pribadi pernah mencoba tapi procedure itu harus dilakukan secara
manual di mysql dengan menggunakan stored procedure, dengan syarat user
harus mengcopy data yg ada di server ke cabang begitu jg sebaliknya ,
memang menjadi lebih rumit jadinya

tapi saran saya kalo ingin mengaplikasikan seperti yg anda inginkan, bisa
menggunakan microsoft SQL Server, databasenya mendukung untuk transaksi
beda server, dan di stored procedure atau triggernya pun mendukung untuk
beda server dalam kategori network beda IP servernya . . .