Dear Albert,

Thank you for your kindness attention.
Sebelum saya menanggapi feedback anda, ada baiknya saya menyampaikan beberapa
hal terkait paradigma new media (media online).
1. Media online hanya sebuah media baru hasil konvergensi dari media printed ke
media digital.
2. hal yang sangat menonjol dalam dunia digital online adalah kebebasan
audience / pembaca dalam merespon informasi yang diterimanya dimana tidak lagi
ada keterikatan audience serta audience bergerak aktif mencari informasi yang
dibutuhkan. Dalam hal ini jika audience tidak menyukai dengan informasi yang
didapatkan, audience bebas menutup informasi tersebut.
3. Oktomagazine merupakan digital lifestyle magazine, sebuah majalah baru yang
dipublikasikan secara publik tahun 2011 (majalah baru) di bawah naungan Group
perusahaan PT. Wellcomm, majalah ini tidak mengejar profit apapun dalam hal
mendistribusikan konten / informasi yang tersaji.
4. Oktomagazine sebagai majalah digital lifestyle menyadari kekuatan penuh
dunia digital khususnya internet, kita pun menghormati etika journalistik
(honestly, accountable, sekaligus hak cipta informasi di bawah hukum indonesia
yang berlaku).
5. Oktomagazine juga terdaftar dalam ikatan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia)
dan sudah dinyatakan resmi sebagai media online journalistik.

Dari beberapa hal diatas, saya menanggapi bahwa prosedur marketing officer dari
oktomagazine TIDAK pernah berjualan di internet bahkan TIDAK pernah
mencantumkan pricelist / harga pemasangan iklan di internet dalam bentuk apapun
(mailing list, social media maupun web). marketing officer oktomagazine selalu
bergerak dengan cara konvensional marketing pada umumnya dan tidak pernah
mendistribusikan konten / informasi berikut harga pemasangan iklan.

Dari sisi bisnis, tidak selalu dan selamanya bisnis mencari profit semata. apa
yang dilakukan oleh team SEO oktomagazine, hanyalah mendistribusikan konten /
informasi yang berguna bagi audience dan disesuaikan dengan object yang akan
didistribusikan.
Sebagai catatan, apa yang diberikan dan didistribusikan dalam mailing list ini
(ITCENTER), MURNI disesuaikan dengan konten / informasi yang berguna bagi
pembaca, dalam hal ini ITCENTER merupakan komunitas serta mailing list IT /
Teknologi Informasi yang cukup berpengaruh dan para anggotanya merupakan para
praktisi TI, team SEO oktomagazine sebelum mendistribusikan konten / informasi
yang akan di sending sudah melalui prosedur internal yang cukup ketat.

Apa pun yang dilakukan oleh team SEO oktomagazine sangat berbeda scope dan
ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh team marketing oktomagazine.

Mohon maaf jika anda tidak suka dengan distribusi konten / informasi yang
diberikan oleh team SEO oktomagazine, anda bebas untuk mendelete informasi
tersebut, dan anda memiliki hak untuk itu.
Kebebasan audience dikembalikan kepada individu / pembaca.
Team SEO pun membuka diri dengan segala kerendahan hati menerima segala
masukan, kritik maupun pendapat yang diberikan.

Mohon maaf, kita tidak pernah mengejar setoran seperti apapun. Profit /
keuntungan bisnis semuanya dikembalikan kepada audience, jika ada company yang
berkenan memasang iklan di web oktomagazine.com kami serahkan dan mengarahkan
ke team marketing kami melalui proses konvensional marketing pada umumnya.

Setoran dalam bentuk traffic sekalipun, kami tidak mempedulikan itu semua, kami
hanya berdedikasi menyampaikan, mendistribusikan serta memberikan wadah media
bagi siapa pun yang ingin menjadi penulis.

Mungkin pendapat anda yang menuliskan bahwa :
"Kasihan amat yah si majalah okto ini, kejar setoran untuk dapat profit
> secepat mungkin :)" --> hmmmm.. mungkin lebih tepatnya adalah kasihan amat
> yah majalah okto hanya memberikan informasi yang baik dan mungkin berguna,
> kok ditanggapi dan dinilai dengan uang, profit dan keuntungan materi semata.

Terima Kasih
Best Regards