Kebanyakan data centre adalah closed circuit air circulation, bahkan positive
pressure terhadap udara luar, untuk menghalangi debu masuk.
Karena closed circuit air circulation, dikasih 1000 fan juga ndak akan
menolong, wong heat thermal yg ada ya cuman muter muter doang, gak akan jadi
dingin dipasangi fan. Malah motor motor dari fan dan gesekan fan blade ke udara
akan menambah kalor yang ditransfer ke udara. Makin panas dah.

Fan baru membantu kalau udara di data centre lebih panas dari udara luar dan
fan dipasang untuk melakukan sucking intake dan exhaust ke udara luar. Tapi
yang model beginian hanya bisa dilakukan kalau ada filter yang membersihkan
udara dan humidifier kontrol. Untuk Indonesia yang cuaca rata rata 30C dan
kelembaban 80% ya lupakan saja.

The Eye In The Sky <syiwabhair...@yahoo.com.sg>