Tambahan untuk pertimbangan beli AV utk perusahaan:
- Virus Bulletin, record siapa yg paling banyak dapat penghargaannya
menunjukkan konsistensi dan kestabilan produk. Silahkan dibandingkan
sendiri dari tiap vendor di http://www.virusbtn.com/vb100/archive/compare
Virus Bulletin ini advisory boardnya dari multiple vendor, jadi cukup fair
datanya, info: http://www.virusbtn.com/about/advboard
- Kudu gak bikin lemot sistem, ntar abis pasang antivirus mesti beli memory
ato upgrade processor malah keluarin dana lagi, dimarahin bos deh.
Perbandingan bisa dilihat di sini:
http://www.av-comparatives.org/en/comparativesreviews/performance-tests
- Kudu ada supportnya di Indonesia, ini yg paling jarang, jadi kalau ada
problem bisa tanya2 atau baca2 manual, sukur2 berbahasa Indonesia dan
bergambar biar lebih gampang dimengerti bagi yg awam. Kebanyakan support
itu diredirect ke negara tetangga, akan ada jeda waktu dan bahasa. Support
bisa saja via telp, chat, KB berbahasa indonesia, milist, dll. Harus cek ke
tiap vendor, setahu saya yg aktif secara lokal di Indonesia cuma ada 2:
Norman (vaksin.com) dan ESET NOD32 (www.eset.co.id) kalo kurang mohon
inputnya.
- Minta POC dulu sebelum beli, biasanya vendor mau melakukan ini kalo
jumlahnya significant, kecuali kalo cuma beli 1, sapa tau ada yg mau ....
POC ini penting biar kita lihat cocok gak nih utk environment
server/jaringan kita.
- Lalu yg gak kalah penting: antivirus yg gratis, biasanya gak boleh buat
perusahaan, ini yg suka salah kaprah, cek dulu EULA nya jangan sampai salah
dan bermasalah di kemudian hari.
- dan yg pasti: bisa nangkep virus baik buatan internasional ataupun buatan
lokal, dan gak perlu tools tambahan utk cleaning serta False Positive nya
rendah.

semoga membantu,

regards,