From: Henkie Basuki Djayapranata <henki...@yahoo.com>
Sender: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Sat, 7 Jul 2012 21:20:58
To: ITCENTER@yahoogroups.com<ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: [ITCENTER] Sony Xperia Sola tidak dapat terhubung ke internet melalui
WiFi Speedy

Rekan-rekan,

Mohon bantuan informasi, barangkali ada yang bisa menyelesaikan masalah koneksi
WiFi di rumah saya.

Saya menggunakan internet melalui Speedy paket unlimited 384kbps dengan ADSL2
Modem Router TP-Link TD-8817, yang kemudian dihubungkan ke 54M Wireless Router
TP-Link TL-WR340G.

Sistim ini berjalan normal, baik melalui kabel LAN ke Wireless Router untuk 2
komputer desktop, maupun melalui WiFi untuk iPad2, handphone Android LG Optimus
Me, handphone Sony Xperia S.

Namun saat digunakan untuk handphone Sony Xperia Sola, si Sony Xperia Sola ini,
bisa terhubung dengan WiFi dengan status Connected, namun tidak bisa terhubung
dengan internet.
Jadi kalau kita menjalankan browser, maka tidak ada data masuk.
Kalau Sony Xperia Sola ini dihubungkan ke internet melalui WiFi dari Fastnet
teman, maupun dari Hotspot hasil Thetering Sony Xperia S di rumah, maka bisa
terhubung ke internet secara normal.

Saya sudah lapor ke Speedy melalui telepon dan sudah dipandu untuk setting
modem maupun routernya,  namun tetap begitu.
Karena untuk komputer dengan kabel LAN, juga untuk iPad2, handphone LG Optimus
Me dan Sony Xperia S secara WiFi, Speedy bisa bekerja dengan baik, maka pihak
Telkom Speedy beranggapan, sistim mereka sudah benar dan tidak ada masalah.

Demikian pula dengan pihak Sony, setelah lapor melalui telepon, karena terbukti
untuk WiFi dengan Fastnet ataupun WiFi dengan Hotspot hasil tethering Sony
Xperia S, bisa berfungsi dengan baik, maka dianggap pula, handphone Xperia
Solanya bekerja dengan baik.

Nah bagaimana cara menyelesaikan masalah ini, agar handphone Sony Xperia Sola
saya, bisa berfungsi untuk WiFi Speedy ?
Apakah ada settingan khusus ? Di modemnya ? Di routernya ?

Saat ini, setting an untuk IP address PPPoE/PPPoA modemnya, maupun untuk IP
Network WAN Connection Type routernya, di set secara Dynamic, sesuai saran dari
pihak Telkom Speedy.

Apakah kalau di set secara statik, menjadi bisa ?
Yang di set apakah yang modem nya ? Ataukah yang routernya ?
Apa parameter-parameternya ?

Terima kasih dan salam.