On Mon, 13 Aug 2012 13:00:27 +0700
Damai <damai7...@yahoo.com.sg> wrote:

> mohon informasinya juga...
>
> 1. SSID utk AP tiap lantai tsb sebaiknya menggunakan nama yang sama or
> berbeda?

Seharusnya kudu sama, karena SSID adalah untuk listing profile dan salt buat
encryption. Jadi untuk menjamin roaming user, SSID harus sama.

> 2. Apabila menggunakan SSID yg sama, usernya connect di lantai 1, terus
> naik ke lt. 2,
> di lt. 2 dapat signal AP Lt. 1 30%, dapat signal AP Lt. 2 80%, user tsb
> akan tetap
> connect ke AP Lt 1 atau automatic pindah connect ke AP Lt. 2?

Di dalam implementasi wi-fi client, ada paramater semisal "Roaming
Aggresiveness" kalau di Intel Centrino. Di chipset lain, ataupn chipset sama
tapi drivernya berbeda (misalkan proprietary Windows vs Open Source Linux yg
sama sama pakai Atheros), bisa jadi lain.

Tapi di laptop biasanya sih disetup ke aggressive kalau powered on battery,
karena tujuannya menghemat power, cari yang paling kuat sinyalnya sehingga
transmit balik (logikanya) juga rendah power. Tapi kalo pas powered by AC, bisa
jadi pindah ke moderate (karena diasumsikan tidak jalan kemana mana). Sekali
lagi, behavioural ini programmable, setiap vendor tidak sama.

> 3. Masalah di No. 2 ada hubungannya dengan OS/device yg digunakan?
> Dulu pernah coba nyalain 2 AP dengan SSID yg sama, di Win XP terdetect
> cuma satu SSID,
> namun di handphone Sony Xperia P1 terdetect dua SSID yg sama.

Seingat saya. Jaman saya pakai Intel Wifi Manager, misalkan ke kampus besar
atau airport atau municipal wi-f, saya bisa lihat multiple AP dengan SSID yang
sama. Sementara kalo Windows managed Wifi di Win XP, kelihatan cuman satu.
Sementara kalau di Linux pakai Net Manager selalu bisa lihat macem macem.
Tapi mungkin bisa jadi di Win XP juga bisa lihat banyak, cuman kudu gali gali
sub-menu yang lain.
Sementara kalau di Win 7, seingat saya ada option untuk combine or delete AP
(lupa optionnya apa, tapi fungsinya sama untuk memasukkan atau mengeluarkan AP
yang rusak atau baru)

> 4. Komputer kita (Winxp/win7) bisa mengingat SSID yg sudah pernah dia join,
> sebenarnya dia ingat berdasarkan SSID or MAC AP tsb?

dua duanya. Tapi untuk memilih profile mana yang kudu dijalankan (e.g.
pre-shared key mana yang mau dipakai untuk pertama konek), identifiernya pakai
SSID.

--
The Eye In The Sky <syiwabhair...@yahoo.com.sg>