1. File server yang anda pakai apa? Windows Server, atau Linux server dengan
Samba, atau semacam NAS Appliance?
2. Apakah file yang sama dibuka oleh lebih dari satu orang setiap saat?
3. Kalau anda bilang di LibreOffice di Linux juga kejadian, apakah anda punya
log dari syslog ketika crash ini terjadi?
4. Apakah anda sudah mengaktifkan "Shared Workbook" feature dari Excel file
tersebut?

Pada intinya Shared Workbook feature dari Excel memang memberikan rudimentary
collaboration untuk melakukan update suatu file, tapi ada beberapa ketentuannya
:
1. Harus diaktifkan dulu Shared Workbook featurenya
2. Hanya telah dujikan untuk melakukan akses diantara MS Office. Pasti Shared
Workbook tidak pernah diujikan oleh Microsoft untuk dipakai di LibreOffice.
Ngapain juga mereka membantu saingannya? Jadi saya rasa di sini ada big hole
untuk supportability, it is inviting more problems memakai barang yang tidak
pernah disupport oleh pembuatnya.
3. Seinget saya, males Google, ada limit untuk concurrent users di Shared
Workbook, kalo tidak salah maximum 5. Lebih dari itu, anda dianjurkan memakai
SharePoint, atau totally pindah ke client server database methodology
4. Kalau file server anda bukan Windows Server, tapi menggunakan Samba di
Linux, pelajar soal Opportunistic Lock (oplock), kudu dicoba coba mode yang
mana yang cocok untuk dipakai oleh Shared Workbook. Microsoft sendiri tidak
pernah memberikan guidance untuk ini, karena ya buat apa membantu
competitornya? :)