________________________________
 Dari: syiwabhairawa <syiwabhair...@yahoo.com.sg>
Kepada: ITCENTER@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 21 Desember 2012 13:21
Judul: Re: Bls: [ITCENTER] [tanya] standart kabel jaringan

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Sugeng Ari <sugeng_ari80@...> wrote:

> Kalau dikatakan bisa berpengaruh ke speed saya pikir secara logika tidak
> mungkin, karena besar penampang masing2 isi kabelnya sama saja.
> Sama dengan instalasi arus keras (merah, kuning, biru, hitam), kalau tidak
> pake standart, maintenancenya bisa bahaya tuh :)

Perbandingan anda tidak pas. Kalau kabel power, frekuensi cuman 50Hz (hampir
seperti DC) dan arusnya besar. Lalu spike dan noise yang terkandung didalamnya
dengan mudah dibuang karena tidak ada kandungan informasi didalamnya.

Tapi kabel untuk Ethernet lain, 100BaseTX walaupun baseband transmission, punya
frequency 31.25 MHz dengan arus kecil dan tegangan kecil. Jadi jelas peka akan
noise. Oleh karena itu jenis kabel (SWG size), jumlah twist per inch, shielding
yang dipakai, maupun pairing antar kabel sinyal, menjadi issue yang penting.