Albert Siagian wrote:

> Dibawah 15 juta sudah bisa dapat Server branded murmer seperti HP, IBM,
> dsb. RAM 2-4GB dan HDD 200+GB sudah cukup untuk mail server saja.
>
> http://www.bhinneka.com/products/sku00112676/hp_proliant_ml110g7-337.aspx
>
> Atau bisa juga "semi-branded" seperti SuperMicro.
>
> Tinggal tambah HDD external untuk backup data dan UPS.
>
> Sisa budget bisa untuk beli lisensi legal mail server seperti MDaemon,
> Kerio Connect atau lainnya.
>
> Atau, kalau mail server gratisan seperti Mail Enabled Standard
> (http://www.majorgeeks.com/download7808.html?2012-12-12) atau
> [...]
imho,

biaya utk hardware harusnya gak gitu besar, pc rakitan 5 jt juga udah
bagus. :)

mungkin harus pertimbangkan juga:
biaya bulanan utk koneksi ISP.
cara proteksi server supaya aman di internet.
resiko ip kita masuk daftar DNSBL/Spamhaus.

intinya, tanggung jawab jadi lebih besar.
apakah sebanding dgn reward?
bagaimana reaksi management apabila email down 2 hari or lebih? :)

mungkin coba dulu pake domain/subdomain lain utk testing sktr beberapa
bulan?

saya juga pake mdaemon, bukan model online, tapi model
domainpop/multipop, under virtualisasi dgn virtualbox.
dgn harapan lebih hemat hardware, hemat tempat, ada masalah bisa balikin
imagenya.

thanks.
anto