Ass. WW

Kalau prinsip saya  sampai saat ini adalah kegiatan sholat Id di tempat
kita tidak akan  mendahului sholat Id di masjidil Haram yang saya anggap
sebagai pusat Islam. Karena bumi bulat dan letak Indonesia ada di sebaleh
timur yang berarti mengalami siang duluan, maka sholat Id pada hari yang
sama dengan di Indonesia akan berarti mendahului 4 jam dari pada sholat Id
di Mekkah. Oleh karena itu saya cenderung melaksanakan esoknya dan sampai
saat ini dengan prinsip tersebut secara kebetulan jatuhnya hari raya selalu
sama dengan yang ditetapkan pemerintah. Berdasarkan putaran bumi yang
menjalani sholat Id setelah Mekkah adalah umat Islam negara-negara Afrika,
kemudian di kepulauan di samudra Atlantik, kemudian benua Amerika ,
kemudian umat Islam di Hawai atau kepualauan samudra Pasifik baru kemudian
Asia Tenggara dan terakhir Pakistan. Dengan prinsip ini dapat mudah
dimengerti mengapa kemarin umat Islam di Pakistan melaksanakan sholat Id
pada hari Minggu 14 Oktober 2007.
Wassalam.
Djarot

alamat email: [EMAIL PROTECTED]

Abu Yala bin Aus R.A. meriwayatkan dari Rasulullah SAW. bahwa beliau
bersabda, Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan atas segala sesuatu.
Karena itu, jika engkau membunuh (dalam peperangan), bunuhlah dengan baik;
jika kamu menyemblih, semblihlah dengan baik. Dan hendaklah seseorang dari
kalian menajamkan pisaunya dan menyenangkan (tidak menyiksa) hewan
sembelihannya. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim)

Kirim email ke