On 3/20/06, Ir. Yahya Kurniawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1. Sepanjang pengetahuan saya, support di NTFS masih read only. Bisa sih
> write, tapi support untuk write ke NTFS sifatnya masih eksperimental, jadi
> resiko tanggung sendiri :). Anda harus ngoprek kernel untuk mengaktifkan
> support write ke NTFS.
>
> 2. Wah, Anda harus cari Linux yang installernya support SATA II. Suse 9,
> RH
> 9 dan Mandriva jelas belum support. Nggak tau deh nanti yang versi terbaru
> seperti Fedora Core 5 (katanya hari ini mau dirilis, ayo siapa bisa bantu
> download, hehehe)

> [...]
keliru.
saya dapat menginstall ubuntu 5.10, suse 10.0 oss dan Fedora core 4 dengan
spesifikasi system sbb :

proc AMD 64 3000+ s939
mb albatron k8sli cipset nforce 4
mem 256 DDR
vga N6200TC
mon 17 samsung

opsi yang diberikan adalah dengan mendisable fungsi sata raid pada pilihan
advanced pada bios (silakan sesuaikan dengan bios anda) cara ini juga
berhasil di mb Gygabyte (serinya lupa) tapi yang memmiliki VGA onboard N6100
dengan chipset yang sama dengan proc amd 64 3000+ s754.