Ya.ya Aku juga pernah mengalami ini.

Jadi gini, kalau kamu windows, baru instal Linux, dia masang bootloader.
Tetapi bootloadernya linux ini mengenali OS WIndows, jadi di bootloadernya
ada menu buat masuk ke Windows. Tetapi tidak sebaliknya..

Kalau kamu install windows duluan. Bootloader dari Linux tadi bakal diganti
sama bootloadernya windows, yang notabene tidak bersahabat dengan OS lain
selain keluaran Microsoft sendiri. Jadi hilang deh bootloader buat masuk ke
Linux.

Tetapi apakah tidak bisa install Linux dulu baru windows?
Bisa..
Saya sering melakukkannya, terpaksa install ulang windows karena satu dan
lain hal.
Tetapi, sebelum saya install windows, saya backup dulu bootloadernya.
Mungkin tidak tepat istilahnya backup. Hmm.., maksudnya saya bikin
bootloader copy-annya di USB disk. (Flashdisk).

Caranya :
Cari tahu dimana USB mu ke mount, (bisa dengan: sudo mount, ntar keliat yang
namanya pake /media/NamaFlash dimount ke mana). Misal di mount ke /dev/sda

Install bootloader di USB : grub-install /dev/sda.
Biasanya kalo pertama kali gagal, lanjutkan dengan perintah (kalo gak salah
ini) : grub-install --recheck
habis itu ulangi lagi : grub-install /dev/sda

Catatan, yakinkan komputermu bisa boot dari USB. Kalo bisa, silahkan boot
komputer anda dari USB. Tapi sesuaikan lagi opsi - opsi di GRUB nya.. (ah...
masih terlalu panjang nih prosesnya..) Lagian gak memberi solusi yang
ditanyakan ya??

Ya kurang lebih gitu deh..

Lalu gimana jika Windowsnya sudah terlanjur diinstal, hingga menutup
bootloader? Kalau aku pake trik yang gak enak juga. Install Linux lain (yg
sangat minimalis..), kalau bisa install bootloadernya aja. Nanti setelah
keinstall bootloadernya, kan bisa di kasih opsi macem - macem waktu mau
boot. Jadi bisa masuk kembali ke linux yang lama.

Setelah berhasil masuk ke linux yang lama, jangan lupa untuk menginstall
ulang boot loader dari linux yang baru. Jika partisi pertama anda adalah
/dev/hda, maka install dengan : grub-install /dev/hda

Maaf kalau malah bikin tambag bingung.. , aku juga gak gitu ngerti soalnya..
:P

Okto.Silaban.Net