Untuk mengubah permission bs memakai chmod. Lbh jauhnya silahkan baca
ato googling. Sementara untuk mengubah kepemilikan file, anda bs
memakai chown.
Untuk ftp, spt yang dtulis d imel sebelah, anda harus memasang ftp
server. Namun, ada baiknya anda tinjau aspek keamanannya. Membolehkan
orang untuk upload file ke server anda mgk punya implikasi keamanan.
Jika yang anda inginkan adalah 'menghabiskan' space 1000(?) GB anda,
anda mgk bs memilih opsi membuat mirror FOSS spt yang ada d ugm.
Smg jawaban saya bs membantu. Mhn dikoreksi apabila ada yang kurang pas/benar