fathir hamdi wrote:

> Pada 23 Desember 2008 17:04, M Saleh <aleh_c...@yahoo.com
> UltraSurf, saya sudah menambah kan baris perintah ini iptables -A
> FORWARD -p tcp --dport https -j REJECT di Iptabels, emang sih berhasil
> tapi web yang mengunakan HTTPS tidak dapat di akses, adakah cara lain
> untuk ngeblok UltraSurf ? Terimakasih atas bantuan nya
>>

> Kalau dengan cara yang kasar... yaitu dengan me-block client yang
> menggunakan aplikasi UltraSoft... dan utarakan.. block akan dibuka
> jika aplikasi UltraSoft sudah dihilangkan...

Setuju..
Sebaiknya soal blok memblok secara teknologi/teknikal ditinggalkan saja.
Lebih baik organisasi membuat policy yang berkenaan dengan hal tersebut,
kemudian minta di sahkan atau disetujui pimpinan dengan alasan-alasan
yang benar. Terus sosialisasikan kesemua user. Policy dan procedure
berisi aturan dan tata cara penggunaan sistem informasi dan internet
(termasuk aplikasi yang digunakan dst), disertai dengan sanksi jika
melanggar aturan tersebut.

--
regards
Josua M Sinambela, CCNP, CCNA, CEH, CompTIA Security+

Kirim email ke