Hi all,

Sekedar sharing aja, sorry kalo agak OOT.

Kalo practicenya aku ngelakuin unit testing for each layer dari web tier
down to data tier.

1 - Web tier biasanya aku make Canoo framework (http://webtest.canoo.com/)
     Ini gw suka bgt karena dia bisa simulate user clicks

2 - Service tier, disini aku cuman ngetest business logic, jadi DAO akan aku
mock.
     Terserah mau make Easy Mock atau JMock

3 - Data tier (DAOs) - untuk yang satu ini rada tricky kalo kita nge-hit
database langsung tanpa isolate data for testing,
     apalagi kalo kita make data image dari Production database.
     Special buat DAOs aku make DbUnit (http://dbunit.sourceforge.net/)

Misc:
======
Terus buat reporting kalo misalnya reportingnya itu make PDF, aku make
PDFUnit (http://jpdfunit.sourceforge.net/)
Tool ini keren banget buat ngetest correctness of the generated PDF. Dia
nyediain banyak API buat access ke PDF.

Lalu kalo mau ngetest XML, aku make XMLUnit (http://xmlunit.sourceforge.net/
).
Waktu itu aku make ini buat ngecek dan verifikasi value setiap tag di
generated XML. API-nya cukup lengkap dan mudah banget makenya.

Sebenarnya sih aku pengen banget nyobain Agitar, soalnya to be honest, Unit
testing takes lots of our development time.
Dan ditambah lagi meski kita udah mati2an buat Unit Tests sebanyak mungkin,
tetep aja coverage unit tests yang dibuat nggak
bisa mencakup semua scenarios, apalagi special scenarios.

Sayangnya Agitar (http://www.agitar.com/) harganya mahal banget euy!

Anybody aldy use this one ?