--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Yonatan Gunawan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Di jkt dapet 7,5 - 9 jt tuh buat level experience se-mana?
> Fresh grad dapet segitu?

Kalo di Jakarta, untuk dapetin range gaji 9 jutaan butuh pengalaman
kerja 4 tahun-an plus sertifikasi ini dan itu, pengalaman project ini
dan itu. Kalo di sana fresh grad bisa dapet segitu IMO udah bagus tuh.
Jadi inget dulu waktu abis cabut dari kampus di jogja, nglamar kerja
dgn minta gaji 2 jt, eh malah dikasih 2,5 jt, bodohnya aku yang tak
tau mahal dan kejamnya kehidupan ibukota, hehehe :)
Itu tahun 2005, kalo skrg fresh grad bisa nyampe 3 jt an kali ya kalo
emang punya kompetensi yang bagus dan perusahaan menilai bahwa loe
bisa cepat belajar dan menyesuaikan diri dgn dunia kerja.

IMHO, kalo buat fresh grad, jangan pentingin soal gaji dulu deh. Yang
lebih penting dari sejumlah rupiah yang lu dapatkan per bulan adalah
seberapa banyak ilmu, pengetahuan ttg business domain, dan
profesionalitas.
Kalo fresh grad, tanpa punya pengalaman ngerjain project beneran, trus
minta gaji gede, perusahaan juga pasti mikir ribuan kali buat hire
loe. Udah kasi gaji gede, masih mesti kasih training untuk 6 bln
pertama, trus disiplinnya masih gaya mahasiswa (suka bolos, telat, dsb).

Jadi, mending masuk persh yang ngasih gaji rata-rata, tapi kita bisa
dapet banyak ilmu disana. Setelah si fresh grad ini udah punya
pengalaman 3-5 thn, boleh deh ngejar gaji segede yang lo mau.

Just my Rp. 1
Hendra