2008/4/1 Edward Yakop <[EMAIL PROTECTED]>:

>  >  maka IDE nya itu berupa service. Itu makanya gua
>  >  bilang ide goblok. Kalau IDE nya web based tapi
>  >  bisa di pasang di server sendiri itu bukan ide goblok.
>
>  Is it? trust mungkin an issue buat commercial project.
>  Tapi kalo saya lagi do ops4j, qi4j, open source project in general.
>  My default reaction. Who cares :) In fact this is so cool.
>
>  Nggak perlu set up development environment di:
>  * office,
>  * home desktop
>  * laptop.
>
>  Apalagi kalo ada integration dengan IDETalk di intellij.
> [...]

Jadi awesome kalau jalan. Kalau "fail" bagaimana?
Kalau suatu aktivitas bersifat "critical" maka selalu harus
ada yang namanya rencana antisipasi kegagalan (Plan B).

Jadi kalau misalnya service Google "fail" harus bisa
diantisipasi. Karena itu web-based IDE yang bisa saya
terima bukanlah yang disediakan oleh suatu service tersentralisasi
macam Google akan tetapi web-based IDE dengan
arsitektur secure peer-to-peer collaboration.

Tapi bikin aplikasi kolaborasi peer-to-peer yang secure
itu benar-benar tidak mudah. Saya cuma tahu satu aplikasi
kolaborasi peer-to-peer secure yang sudah proven
yaitu Groove bikinan Ray Ozzie.