From: Ahmad Satiri <[EMAIL PROTECTED]>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 9, 2008 9:06:03 AM
Subject: [JUG-Indonesia]  JSF , dimana tempat terbaik untuk melakukan operasi
database ?

Hi All,

Saya sedang belajar JSF , dan sudah mengerti penggunaan managed bean
untuk operasi sederhana.
Yang jadi pertanyaan saya. dimana tempat terbaik ( hal yang umum
dilakukan praktisi ) untuk melakukan operasi database
apakah di beannya tsb ? atau bean tersebut memanggil class khusus untuk
operasi database tersebut ?
(baru 2 cara ini yang bisa terbayang oleh saya).

misal :

1.
class login{
    function loginAction(){
       //operasi database
    }
}

2.
class login{
    function loginAction(){
       int x = LoginManager.check(this.user,this.password);
    }
}

thanks in advance,
Satiri