Hi

> Mungkin ada yang dah pernah?
> Kk sm96 mungkin bisa kasi petunjuk? hehe

coba antlr, ini adalah library yang digunakan oleh hibernat HQL, gw
skripsi pake antrl ini
http://nagasakti.mervpolis.com/roller/Ifnu/entry/20070521

terence parr, punya buku lengkap tentang antlr, silahkan cari di
internet, atau beli deh, cuma $24 kok. Trus si antlr ini punya
antlrworks, editor sekaligus debugger untuk antlr markup language.
Saran saya sih gunakan versi 3-nya, much more improved dan markup
languagenya lebih sederhana dibanding antlr 2.x

ga perlu sampai language design, cukup bikin intepreter sederhana,
misalnya untuk persamaan linier, itu aja untuk skripsi sepertinya
sudah oke kok. Dulu sih saya kepikiran untuk bikin bahasa pemrograman
yang menghandle parallel execution untuk (hampir) semua perhitungan
numerik, karena sekarang komputer dengan processor multicore sudah
mulai lazim ditemui, dan dalam beberapa tahun ke depan akan semakin
menggila, :D

selamat belajar

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia