Sori, saya coba bantu..

Kalo mau track berapa concurrent user yang lagi online, coba buat class yang
implements interface listener javax.servlet.http.HttpSessionListener.

HttpSessionListener punya dua method yang harus di-implementasi:
1. sessionCreated -> berguna untuk alert jika ada user yang online.
2. sessionDestroyed -> berguna untuk alert jika ada user yang logout.

Nah, di method sessionCreated, lakukan penambahan attribute jumlah user online
pada ServletContext. Sebaliknya pada method sessionDestroyed, lakukan
pengurangan attribute jumlah user online pada ServletContext.

Jika ada yang ga tau ServletContext, dia adalah object yang dapat diakses oleh
semua servlet dalam satu aplikasi. Biasanya ServletContext ini berisi
attribute2 yang digunakan oleh aplikasi.

Kemudian untuk masalah jika user ga logout dalam waktu lama, session-nya
dibatasi aja pake session.setMaxInactiveInterval(x seconds).

Menurut saya jangan pake database buat nge-track karena sayang banget
resource-nya gede buat memori dan I/O. Mending pake aja object2 yang ada
(ServletContext, HttpSessionListener)

Semoga membantu.

Regards,

Aris Kumara Prabhawa, SCJP