Hi,

> Waaaaa..., coba liat diskusinya dulu kk, kita ini lagi ngomongin
> compiler, diskusi kita sampai pada pembuatan compiler di dynamic language
> seperti groovy, JRuby, dan mau menuju ke scala..
> Jadi sini kita ngomongin compiler koq...
> JIT nya, dan konstruksinya, bukan JRuby nya semata...

bener kok josh, kita lagi bahas compiler, interpreter dll

> Keren banget deh, ternyata bener seperti yang dikatakan kk2 di atas,
> tetep ada compiler untuk mengenerate bytecode nya..
> Dan parser serta lexernya feelingku dah digenerate via ANTLR,
> karena ada file .g di sana, ada beberapa... :)
> Trus, pokoknya semua pure dibuat pakai java, aku ga habis pikir aja
> satu source itu bisa 1000 baris lebih (tidak dihitung dengan dokumentasi)!

class yang panjang ini biasanya digenerate oleh ANTLR dari file
.g-nya, kalau mau belajar antlr sebaiknya lihat2 software untuk create
file .g-nya, namanya antlrworks, bisa debug segala, jadi lebih enak
bikin grammarnya.

> Hmm.., generate bytecode nya juga dia pakai tools asm..,
> keren banget deh pokoknya!! habis tes akhir nanti aku rencana mau oprek
> ini interpreter dan compiler yang keren banget... hehehe!!

coba ambil aja bahasa yang simple banged, kemudian bikin grammarnya,
sepertinya ini udah cukup kok buat skripsi :D, kalau sampe mau bikin
compiler ke bytecode, bisa lama yah?

dulu gw ada buku untuk bikin interpreter bwat bahasa sederhana:
aljabar linier. mungkin cukup lah bwat skripsi.

atau mau porting bahasa yang udah ada ke dalam java? misalnya TCL?
VBScript? hehehe

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
Java Training Center