Beberapa kuncinya, kalau ingin kerja di LN maka lihat baik2 siapa saja yg lg
berkuasa di sana dan bagaimana mereka melakukannya. Menggarisbawahi statemen
Frans di thread ttg open EJB, kalau ingin laku di luar maka jadilah
trendsetter atau jadilah bagian dari perubahan. Harus punya kemampuan
brainstorming dan mempertahankan pendapat dengan alasan yg masuk akal.

Sebagai contoh nih, dibidang telco dan oil, engineer indonesia sudah gak
keitung jumlahnya dan nangkring di mana-mana. Mulai dari eropa utara,
afrika, timteng, sampai amerika utara, tengah, latin. Di Indo permasalahan
serba kompleks, contoh untuk kilang oil, offshore, dan onshore jumlahnya
banyak dan dimana-mana dengan kondisi yg berbeda-beda. Ketika kita bisa
menyelesaikan itu masalah lebih dahulu tentunya puyeng2 dahulu juga,
otomatis ketika ada masalah di luar kita sudah bisa nunjuk2 apa solusinya.

Untuk kerja di LN syaratnya sederhana, brainstorming, experience dan
reference/sertifikasi/networking. Tidak ada manusia super di planet ini.
Sesama indonesia bertengkarnya kalo di dalam negeri saja, di luar mah kita
sama2 susah dan saling mendukung. Perusahaan boleh bermusuhan tetapi tukang
engineer harus bersatu...

Kirim email ke