2008/10/8 Samuel Franklyn <[EMAIL PROTECTED]>:

> Apa betul nggak ada yang ngomel? Apa sudah berlalu saja
> ngomel-ngomelnya? Gua nggak ngikutin perubahan JBoss jadi ada
> community dan commercial. Kapan itu terjadi? Gua mau check
> dulu omongan orang di forum-forum dan milis pada saat mereka
> melakukan itu.

Dunno about jBPM dan Drools, soalnya gw gak pake.
Dan orang2 juga kayaknya gak terlalu banyak pake.

Kalo Hibernate, dulu pernah ribut2 karena orang gak boleh pakai nama
Hibernate buat jualan.
Di milis sini juga cukup rame kok.
Sebagai contoh, ArtiVisi gak boleh bikin "Hibernate Training".
Bakalan kena sue.
Demikian juga untuk produk2 derivatif lainnya, seperti buku, seminar,
website, dsb.
Gak boleh pakai nama Hibernate kalau tidak ada endorsement resmi dari RedHat.

Workaroundnya, kalo mau bikin pelatihan, judulnya Java Persistence API
atau ORM in Java, dan sejenisnya.
Terserah di dalamnya mau kita ajarin Hibernate 100% gak masalah.
Yang penting judul training/buku/seminar gak boleh ada Hibernate-nya.

Ini impactnya ke perusahaan penyedia training/support.
Jadi harus rebrand produk2nya.

Kalo dari sisi end-user dan freeloader tidak ada impact apa2 ;p

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com

Kirim email ke