Untuk HQL seperti ini :
 "FROM Barang b left join fetch b.jns left join b.kat"

hasilnya adalah gabungan antara Barang b dan semua joinnya b.jns dan b.kat
supaya menghasilkan collection of Barang saja
ganti menjadi :
 "select b from Barang b left join fetch b.jns left join b.kat"

sehingga dari b saja b.jns maupun b.kat bisa diakses langsung