> Namun Kalo developer ini adalah IT Consultan,  yang butuh development cepat,
> biasanya mereka menggunakan DB Server yang Light.
> Dan bila aplikasi selesai baru dipindahkan ke server production yang memang
> menggunakan DB Server Production.
Emang ada database server yang bener - bener compatible satu sama yang lain?
Hal ini pasti nanti lebih banyak benerin yang ga compatiblenya daripada yang
compatiblenya :D
Makanya biasanya si IT consultan malah ikutan install database servernya si
client daripada mereka mutuskan untuk pake database server yang berbeda.
Bener ga? Soalnya daripada nanti mereka akan di buat repot sendiri dengan
adanya bug yang engga ada di development tapi muncul di production.
Tapi kalo emang bener ada cara yang seperti ini saya bener-bener ga tau, mohon
di sharing di sini biar bisa jadi masukan kita-kita juga.
Trims.

Semoga Membantu, Salam

Yudhi Karunia Surtan
Mobile : +62-818-0834-7561