2009/2/12 Yudhi Karunia Surtan <brainmaster...@gmail.com>:

> Break nature OOP maksudnya apa yah? Kan OOP itu "Object Oriented
> Programming" bukan?

Maksudnya, style pemrograman di SP itu procedural, gak OO.

> create table secara manual dari database atau create kelas lalu di generate
> pake schema generation?
> jawabannya udah pasti create table secara manual dari database.

Gak juga .... generate Hibernate bisa lebih cepat.
Apalagi kalo mau generate ke lebih dari satu merek database.
Create table manual pilihannya ngetik SQL atau klak klik TOAD.

Kalo saya, gak pakai SP karena :
1. Toolkitnya terbatas.
Gak bisa Find Usages, Refactor Extract Method, Rename, Auto Complete, dsb

2. Debugnya susah

3. Pindah2 tempat coding antara Java IDE dan SP IDE.
Kalo bisa, semua file diedit di satu IDE aja.

4. Sulit dimanage dengan version control.

5. Mendorong bad coding practices, yaitu coding langsung di server production ;p
Don't laugh ... I've seen it

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com