--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Chandra." <chandra.haria...@...> wrote:

> mas Suhendra Arianto..
> thx yach buat masukannya ^^..
>
> saya sudah ubah log4j.propertiesnya menjadi :
>
> log4j.logger.com.tugasakhir=INFO, S1
> log4j.appender.S1=org.apache.log4j.RollingFileAppender
> log4j.appender.S1.File=C:\\coba.log
> log4j.appender.S1.MaxFileSize=100KB
> log4j.appender.S1.MaxBackupIndex=5
> log4j.appender.S1.layout=org.apache.log4j.PatternLayout
> log4j.appender.S1.layout.ConversionPattern=%d{ABSOLUTE} %-5p [%c{1}]: %m %n
> log4j.appender.S1.append=false
> log4j.logger.org.apache=INFO, S1

Kayaknya ga bener tuh, kukasih keterangan deh:

// Ini root logger, dipake untuk semua class. Levelnya ERROR
// punya dua appender, RF(Rolling file), dan CON (Console)
log4j.rootLogger=ERROR, RF, CON

// Atur properties untuk Rolling file appender
log4j.appender.RF=org.apache.log4j.RollingFileAppender
log4j.appender.RF.File=example.log
log4j.appender.RF.MaxFileSize=100KB
log4j.appender.RF.MaxBackupIndex=1
log4j.appender.RF.layout=org.apache.log4j.PatternLayout
log4j.appender.RF.layout.ConversionPattern=%p %t %c - %m%n

// Atur properties untuk Console appender
log4j.appender.CON=org.apache.log4j.ConsoleAppender
log4j.appender.CON.layout=org.apache.log4j.PatternLayout
log4j.appender.CON.layout.ConversionPattern=%5p [%t] (%F:%L) - %m%n

// khusus untuk class-class yang punya package berawalan com.tugasakhir
// set levelnya jadi INFO, bukan lagi ERROR seperti root logger
// Ga usah pake embel-embel appender lagi di belakangnya, cukup levelnya aja
> [...]

> misal nama file :
> senin(24-jan-09).log
> selasa(25-jan-09).log
> rabu(26-jan-09).log
> dst..
> apakah hal ini dimungkinkan?..
>
> klo dalam kasus saya kan hanya membuat 1 file bernama coba.log, jadi begitu
> server aktif (start) akan mengisi coba.log tersebut (meskipun sudah ganti
> hari)..
>
> sebenernya klo cara logging yg baik itu bagaimna yach?..
> apakah data logging web server per-minggu ato per-hari yach?..

Rolling File Appender memang akan menulis di file yang sama, sampai ukurannya
sama dengan limit yang kita tentuin (di contoh di atas, limitnya 100KB).
Kalo mo per periode waktu, pakai DailyRollingAppender. PEriodenya bisa perhari,
minggu, bulan, tahun, sesuai kebutuhan.

Ni contohnya yg biasa aku pake:

log4j.rootLogger=DEBUG, DRF, CON
log4j.appender.DRF=org.apache.log4j.DailyRollingFileAppender
log4j.appender.DRF.File=logs/app.log
log4j.appender.DRF.DatePattern=.yyyy-MM-dd
log4j.appender.DRF.layout=org.apache.log4j.PatternLayout
log4j.appender.DRF.layout.ConversionPattern=%d{HH:mm:ss.SSS} %-5p [%c{1}]
%t\n\t%m%n
log4j.appender.CON=org.apache.log4j.ConsoleAppender
log4j.appender.CON.layout=org.apache.log4j.PatternLayout
log4j.appender.CON.layout.ConversionPattern=%d{HH:mm:ss.SSS} %-5p [%c{1}]
%t\n\t%m%n

Lengkapnya lihat sini:
http://logging.apache.org/log4j/1.2/apidocs/org/apache/log4j/DailyRollingFileAppender.html

Kirim email ke