" Tentang Java development di BlackBerry, elo bisa bikin standard Midlet
 apps seperti yang sudah-sudah di gadget lain yang banyak beredar di
 pasaran. Di BlackBery juga elo bisa bikin CLDC apps. Developmentnya
 miriiiiippp banget kayak swing. Ada Screen (padanan JFrame). Ada
 Dialog (padanan JDialog). Ada Field (padanan JComponent). ada Sub-sub
 componentnya, pokoknya mirip swing."

Kalau yang didevelop hanya midlet aja say CLDC app (untuk PDA) kan  gak
musti BB,
sempet bikin midlet client server di pake di hp item putih :) gak musti
tightly couple ke si BB
BES kan beli ama server deployementnya musti itung2 juga TCO nya, bukan
hanya BB nya aja.
Kalau masalah pola pikir business centric apa gak berlebihan ya? soalnya
justru gua khawatir saja its like heap aja.
Katakan aplikasi mau approval pembelian barang dengan BB, jika alasannya
mobilitas dan security, we can have it with a cheaper tech :), gila aja kali
beliin BB buat semua karyawan, belum bayar bulanannya :D .

"Saya mendapat pencerahan ini dari client gw, jadi sebenarnya BB itu adalah
data terminal. Apa artinya ?
- Data kita tidak didownload ke BB, tapi hanya screennya yang delivered
(bayangkan remote desktop client)
 - Kompresi yang kuat dan proprietary ke RIM

Dia juga jelasin, pernah buka dokumen yang gedenya bermega-mega tapi tagihan
cuma hitungan kilobyte... penasaran nanya2, ternyata memang mekanismenya
seperti itu. Jadi sebenarnya BB itu penyedia 'cloud service' dong ya ? :)"

Ini yang menarik, kalau yang di develop ngebuat semacam BIS dan BES nya :D

CMIIW