kalo berdasarkan kecepatan, UDP lebih cepat dibandingkan TCP/IP,
alasannya, TCP/IP menggunakan connection-oriented yang selalu
terhubung berdasarkan byte stream sehingga memacu sering terjadinya
overhead trafic, sedangkan UDP tidak connection-oriented, dan dikirm
berdasarkan paket, bukan byte stream.
Sayangnya, meskipun UDP lebih cepat, UDP tidak reliabel dikarenakan
tidak adanya jaminan tersampaikannya paket data dan bukan
connection-oriented.

CMIIW

--

regards,