2009/5/27 Joshua Partogi <joshua.j...@gmail.com>:

> Isu populer seperti :
> - WORA
> - Multi platform: web, desktop, mobile
> - Scalability
> - Typesafety
> - ORM ( menurut Frans )
>
> Ya itu isu populer kenapa orang pilih Java. Ya justru kalau kalian punya
> alasan lain selain yg gw sebut itu, kemungkinan di bahasa lain juga sudah
> solved. Makanya gw gak perlu jabarin satu-persatu.

--> Hm.... menarik. Pertama-tama disclaimer dulu IMO kalau memang
masanya java sudah habis gw gak ada masalah swithcing ke bahasa baru
yang lebih mempermudah gw dan layak untuk investasi. Tapi untuk
sekarang sih bagi gw masih banyak aspek2 dari bahasa java yang belum
gw pahami dan worth it untuk invest. Sayangnya my dailiy job sekarang
jarang memaksa untuk ngoprek2 bahasa java lagi :P

Yang kedua, pertanyaan :
- itu bahasa yang bisa solve  item-item diatas satu bahasa ? atau satu
bahasa solve beberapa bagian saja ? Kalo gak semua, berarti belum
mempermudah bagi gw :) Belajar 1 bahasa untuk 1 domain permasalahan
bagi gw terlalu melelahkan :(
- bahasa yang solve problem2 itu. Running diatas apa ? kalau running
diatas JVM agak-agak dilematis. karena java itu bukan language-nya
aja. Lebih dari 1/2-nya adalah kemampuan dari si JVM untuk memanage
hasil code kita.

Yang ketiga, nih nambahin kriteria :
- Dukungan Library dan Framework yang luas
- Open-ness
- Software Engineering Support / Design Pattern / Team Collaboration
way of coding
- Stability and Backward compatibility
- Salah satu yang paling penting, Monitoring Support.

Kirim email ke