________________________________
Dari: Arthur Purnama <po...@programmer.net>
Kepada: jug-indonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 18 Februari, 2010 15:19:46
Judul: Re: [JUG-Indonesia] [OOT] SOP dan pembagian kerja di software house

Hallo,

Sorry Gue ga tahan pengen komentar.

@Endy,
lo ngeliat uml kalo gue perhatiin dari komentar lo, UML itu cuma Class Diagram.
UML itu ga cuma class diagram ndy. Dan tentu aja gue bisa setuju ama elo, kalo
lo bilang mo presentasi uml diagramm sama siapa, tapi hanya kalo dilihat bahwa
UML itu hanya class diagram.

Pengalaman lo kan banyak sebagai consultant dan enterpreneur. Subjektif sekali
kalo men stereotype kan client atau programmer gak menggunakan UML. Diagram UML
kan banyak. dan ada diagram yang bisa dipakai untuk menjelaskan aplikasi ke
client atau ke programmer. bahkan kalo client lagi ngejelasin tentang
bayangannya aplikasinya seperti apa atau bisnis prosesnya seperti apa, lo bisa
nyambi bikin sketsa uml di atas kertas. biasanya begini jauh lebih jelas waktu
dilihat lagi, daripada mindmap.

Coba deh baca-baca lagi ndy tentang uml. Coba dipake dalam kerjaan sehari-hari,
jangan karena pengalaman "toh ga ada yang make ato ga ada yang ngerti" terus
jadi ga dipake. client gak harus ngerti notasi-notasi nya uml sebelum elo
presentasi. ingat uml itu bukan class diagramm doang. ya jelas aja client gak
ngerti kalo lo presentasiin class diagram lo yang uda berisi > 100 kelas.

Mit freundlichen Grüßen
Arthur Purnama

http://arthur. purnama.de

2010/2/18 Endy Muhardin <endy.muhardin@ gmail.com>

>  >

>Ini adalah sesuatu yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan.

>Ini juga sesuatu yang kita gak pake.

>http://endy. artivisi. com

      Bersenang-senang di Yahoo! Messenger dengan semua teman. Tambahkan mereka
dari email atau jaringan sosial Anda sekarang!
http://id.messenger.yahoo.com/invite/

Kirim email ke