evilkyro1965 wrote:
> Begini, saya basicnya adalah developer php. Saya suka menggunakan Ext-JS
> dalam pembuatan aplikasi saya. Saya sangat tertarik belajar java. Namun
> ketika belajar java saya timbul pertanyaan. Saya mau tau sudut pandang
> programmer2 java. Kenapa framework2 seperti JSF tetap luas di pake. Padahal,
> ajax framework seperti Ext-JS memiliki GUI yang lebih lengkap seperti data
> grid ( table ) yang lebih banyak fungsinya.
>
> Walaupun saya salah satu kelebihan JSF adalah controller menggunakan Java,
> sedang Ext-JS harus buat controller javascript lagi.

> [...]

Di Java, apalagi di dunia web itu terdapat 2 kubu. Yang pertama yaitu
kubu yang berbasis komponen (contohnya jsf, gwt, dll), dan lain-nya yang
berbasis action (spring mvc, click, dll). Nah kalau action  framework,
utk komponennya bisa digabungin ama komponen2x javascript spt dojo,
jquery or extjs, sedangkan kubu komponen based, biasanya ga perlu
tambahan komponen lagi (soalnya by default udah ada :D ).

Nah kalau ditanya bagusan mana pakai action based atau komponen based ?
Tergantung kebutuhan juga sih, dan ini ada jawaban yang saya kutip dari
perkataan seorang teman (sembari lirik-2x ****) yang pernah saya tanya
via YM, dan beginilah jawaban-nya :

"Kalau mau bangun aplikasi berbasis transaksi (banyak terdapat
form/table/dll) maka lebih bagus pakai komponen based, jadi ga capek
ngurusin javascript-nya. Nah sedangkan utk action based itu bagus kalau
kita bangun aplikasi yang *non transactional* :D"

Nah itu sih yang saya tahu :D Ga tau jawaban dari teman-teman disini
yang udah lama main2x di dunia web :D Maklum saya juga baru *nyemplung*
di web koq :)

CMIIW yah :) :D

Martinus Ady H.
Registered Linux User #410906