> Sekedar anekdot ada sebuah aplikasi vital yang dipakai
> oleh hampir semua pelanggan perusahaan saya.
> Aplikasi ini besarnya 8000-an baris Javascript.
> Aplikasi ini nggak stabil-stabil padahal sudah dibikin

ini pendapat pribadi gw ya...

kalo gw pikir JavaScript itu (terutama tanpa framework, dan bukan
generate-an dari misalnya GWT) mirip cewek-cewek yg biasa gw deketin.
mudah dipake, gampang dimainin, usaha dikit hasilnya bisa langsung
dilihat, cuman kalo udah terlalu dalem relationshipnya.. ribet untuk
hubungan yg lebih serius.

sekarang gw lagi huney moon sama GWT.  awal-awalnya memang ribet,
musti ubah cara pikir dulu. tapi dia seperti cewek alim yg galak di
ranjang,
awalnya susah tapi kalo udah bisa dapet 'kuncinya'. wuihh....

----
salam hangat,
Thomas Wiradikusuma
Twitter: http://www.twitter.com/wiradikusuma