On Wed, Mar 31, 2010 at 8:16 PM, Dion Azani <dion_az...@yahoo.com> wrote:

> Saya tertarik dengan requirement:
>
> Pure development - ability to get the job done without big web frameworks or
> libraries.
>
> Kontras dengan yang saya lihat di lowongan pada beberapa media, terutama
> media internet. Disana mensyaratkan juga menguasai atau berpengalaman
> framework seperti Spring, Struts dan sebagainya. Seolah-olah, apabila kita
> tidak menguasai framework tersebut, kita ketinggalan jaman, meskipun kita
> sudah berpengalaman programming Java sekian tahun.
>
> Just intermezzo ..

Intermezzo dari saya :
Tahukah Anda, bahwa bikin aplikasi *dengan baik* *tanpa framework*
adalah *jauh lebih sulit* daripada pakai framework?
Please note *dengan baik* :D

Mari kita ambil contoh, misalnya kita gak pakai Spring, Hibernate,
EJB, dkk dan pakai pure JDBC.
Apakah kita :
1. Melakukan koneksi database di satu tempat saja, preferably pas startup
2. Menggunakan PreparedStatement, bukannya sambung menyambung String
3. Menginstankan PreparedStatement sekali saja dan digunakan berkali2
4. Membuat interceptor untuk memanage transaction supaya tidak duplikasi
5. Mentranslate exception supaya abstraction gak bocor ke UI
6. dst

Ini baru bicara service layer dan data access layer.
Gimana kalo kita bikin aplikasi web tanpa framework?
Rasanya pasti kayak coding PHP di tahun 2001, atau coding Swing di
tahun 2010 (ya 2010 dan Swing masih belum ada f/w yang bagus ;p)

My point, kalo harus bisa bikin aplikasi yang bagus tanpa framework,
ini sama dengan harus bisa bikin framework.
Jadi, requirementnya jelas reasonable, dan dibuat oleh orang yang
sudah ampun menginterview framework-coder ;p

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com

Kirim email ke