pertimbangan antara lain

-budget support / lisensi
kadang ada bugs tanya kesana kemari ndak ada yang jawab mending ada yang
bisa ditanyai

-kebutuhan fitur
fitur yang dibutuhkan misal data type, tablespace, log
, scalability, failover / high availability dan bisa jalan di OS apa,

-resource DBA
supaya desain database (index, desain penyimpanan, tipe log dan analisis
query) lebih optimal

-budget server + storage
karena bottleneck ada di disk maka
gunakan multi soket processor, teknologi SSD dan teknologi FC yang 8 GB

kalau untuk transaksi per hari sampai jutaan tergantung juga seperti apa
desainnya

contoh snapshoot buat mysql

http://blogs.sun.com/realneel/entry/tuning_mysql_innodb_for_sysbench
http://blogs.sun.com/blueprints/entry/running_sysbench_benchmark_on_mysql

yang bisa kalau dihitung perhari bisa sampai 172.800.000

--
Salam Hormat

Ryan Fabella

http://zer0d4y.blogspot.com/