Di kerjaan gw, gue pakai C# (.Net) dan gue udah pernah melihat codingannya
F#.
Sepanjang hidup gw yang baru lulus kuliah 2 tahun lalu, gue udah ngelihat
dan mencicipi berbagai bahasa pemrograman termasuk yang antik seperti Cobol
dan gue bilang, gak ada alasan meninggalkan sebuah bahasa hanya karena 'out
of date'. Nyatanya gue masih melihat kerjaan-kerjaan yang menggunakan C dan
Cobol.

Kalau lu pernah make bahasa Functional Programming seperti Haskell.. atau
bahasa matematika seperti Mathlab, lu akan ngelihat F# biasa-biasa saja.
Menarik memang, tetapi tidak terlalu istimewa banget.

C# itu mirip Java. Cuma geser paradigma sedikit dan... masukkan beberapa
konsep seperti *closure* (tapi sebagai gantinya C# gak ada anonymous inner
class).

PHP memang menarik. Tapi PHP menarik karena sebenarnya PHP itu bahasa
gado-gado dan lu boleh memrogram pakai gaya apa saja, mau 'ala C, mau 'ala
Perl atau bahkan OOP. Tapi kalau gue bilang, lu belajar bahasa lain dulu
sebelum PHP kalau gak, gak bisa menikmati kelezatan gado-gadonya. :D

Anyway.. Java buat gue tetap menarik karena...
1. jalan di Linux (iyah.. gue tau ada proyek Mono sebagai subtitute .Net ..
tetapi rasanya kayaknya mendingan Java aja langsung)
2. beberapa aplikasi menarik dibuat di Java
3. kalau gue mau buat aplikasi web, lebih enak antara gue pakai apache yang
programnya cuma Perl dan Php (serta script) -- dan itu punya keterbatasan --
atau langsung Java yang servlet containernya ada banyak, dari Tomcat sampai
websphere.

Delapan tahun lalu, gue skeptis ama Java, dari yang harus install JRE lah,
sampai kayaknya kok lambat banget. Tapi sekarang gue ngelihat ada beberapa
konsep bagus lahir dari komunitas Java dan .Net itu mengadopsi dari situ.

~sekedarCelotehKecil

--

Narpati Wisjnu Ari Pradana
Dumbest Software Engineer