On 23/12/16 11:23, IT Gunta Samba wrote:
> 1. Jika menggunakan settingan IP di traffic rules ,maka load
> balancing jadi ngak berfungsi yah pak syafril?

Menggunakan NAT translate to specific IP di Traffic Rule Internet Access
(NAT)itu agar outbound IP selalu tetap saat pakai multihome (multi IP).
Dan rule ini hanya agar bisa akses ke host/server/URL yang mengaktifkan
IP persistent check saja.

Traffic Rule Internet Access (NAT) boleh lebih dari satu dan beda-2x WAN
Interfacenya, dan masing-2x bisa berbeda source nya (by IP, by group of
IP, by group of user).
Kalau di rule yang lain ini destinationnya = WAN Interface multi link
maka load balance tetap akan berjalan.

> lalu beda nya dengan di setting use specific outgoing interface ?

Specific outgoing interface digunakan untuk koneksi ke server tertentu
yang mengaktifkan ARP persistent check atau untuk load balance
berdasarkan internet service.
Misalkan traffic rule NAT 1 untuk keperluan akses ke web (http), traffic
rule NAT 2 untuk outbound Mail dst.

> 2. Untuk internet kantor kita pake fiber optic biznet dan moratel
> dimana IP Public kita dynamic , berubah-rubah terus dan saya tidak
> tahu list DHCP IP Public biznet dan moratel,

Kalau IP nya berubah-ubah dengan cepat (misalkan 1 -4 jam sekali) akan
repot, tetapi kalau berubahnya setiap 1x24 jam atau lebih tidak apa-2x.
Bisa ditanyakan ke provider/ISP berapa lama umur DHCP itu, atau monitor
sendiri dengan melakukan check ke whatismyip.com secara periodik atau
pakai bantuan IP monitoring macam http://www.chkip.com/.

Dulu banyak provider wired broadband (ADSL, Cable, Fiber to Home)
melakukan setting DHCP TTL berubah setiap 3-4 jam sekali, tetapi saat
ini rata-2x menerapkan perubahan 1 minggu sekali, jadi mestinya safe saja.

> jika saya menggunakan  settingan ip addreas addtional di wan , maka
> saya harus masukin satu-satu ip public nya biznet dan moratel, apa
> bisa jalan ? karena sebelum kerio, koneksi biznet dan moratel lewat
> router dulu.

Ya kalau public IP nya tetap.
Kalau pakai koneksi lease line akan mendapatkan fixed public IP minimum
4, jika IPnya lebih dari 4 akan mendapat tambahan internet router dan
satu IP pilot.

KCF bisa digunakan sebagai Internet Router sehingga dapat fixed public 4
atau lebih tidak perlu pakai tambahan Internet Router dari ISP.

> 3.  saya pernah sampaikan problem ini tapi belum ada jawaban yang
> bagus, maka nya saya ke sini sebagai jalan terakhir pak syafril 4.
> saya lihat release di forum kerio, http://forums.kerio.com/t/31957//
> , disana  ada tulisan * Changed closed/reset connection timeout ->
> kira2 itu maksudnya apa ?

Maaf, saya tidak tahu persisnya.
Saya tidak ikut dalam Kerio Forum lagi sejak berubah dari Mailing List
ke Web forum.

> Jika ini bukan bug di 9.1.4 ? kenapa di versi 8.6.2 tidak pernah
> terjadi error ini ? padahal setting sama tidak ada yang berubah dan
> menurut saya error ini pada bagian penting dimana kerio control di
> gunakan untuk proxy.

Saat pakai KCF 8.6.2 apakah menggunakan 2 koneksi internet yang sama dan
Traffic Rule yang sama?
Apakah sudah dicoba downgrade ke 8.6.2 untuk test, seperti yang saya
sampaikan di mail yl?

http://www.mail-archive.com/kcontrol@kerio.dutaint.com/msg00229.html

--
syafril