hmm...berarti anda benar2 tidak pernah membaca riwayat tsb-:)ok aku
ceritakan sekilas ttg riwayat tsb:

selesai sholat ashar kemudian Rasulullah duduk, dengan kedua tangan
dirapatkan diatas sebatang pohon kayu, seperti seorang yg sedang
merenung, dan semua sahabat saat itu terdiam, karena sholat jamaah yg
mereka lakukan hanya 3 rakaat, kemudian ada salah seorang sahabat yg
tidak terkenal namanya dan sahabat tsb spontan menanyakan pada Rasul

"Ya Rasulullah..adakah wahyu turun dari Allah hari ini..?"tanya
sahabat
"tidak..mengapa memang..?" tanya Rasulullah
"sholat tadi hanya 3 rakaat dan mungkin itu wahyu dari Allah untuk
merubah jumlah rakaat" jawab sahabat
"benarkah sholat tadi hanya 3 rakaat, tanya Rasulullah kepada Umar"
"betul ya Rasulullah.."jawab umar dan diiyakan oleh yg sahabat yg
lain.
saat itu Rasulullah langsung bangkit berdiri takbir, dan menggenapi
sholat menjadi 4 rakaat, dan melakukan sujud sahwi setlah salam.

spt yg aku pahami, itu untuk membuktikan bahwa Rasulpun pernah lupa,
apalagi seorang guru yg belum tentu terjaga kesuciannya oleh Allah.:)
dan sebagai bukti, bahwa Rasulullah bukan Allah yg harus disembah spt
orang nasrani menyembah Nabi Isa as. sebagai Tuhan.

dan sahabat yg sekaliber Umar pun pernah lupa, pada saat wafatnya
Rasulullah, dan seorang sahabat memberitakan ttg wafatnya hingga
sampai di telinga Umar ibn Khattab yg kemudian memberikan reaksi yg
berlebihan dengan menghunuskan pedangnya, dengan lantang berkata:
"Barang siapa yg mengatakan Muhammad wafat akan kupenggal lehernya"

pada saat itu siapa yg berani menentang Umar? dan salah seorang
sahabat menyelinap pergi dan memberitahukan reaksi Umar kepada Abu
Bakar, yg kemudian Abu Bakar datang dan langsung masuk ke kamar
Rasulullah dan membuka penutup wajah Rasul yg sudah wafat kemudian
menciumnya dan berdoa, yg kemudian menutup kembali wajah Rasulullah,
lalu keluar, yg kemudian Abu Bakar mengutip ayat

"Muhammad itu hanya seorang Rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya
beberapa orang Rasul.Apakah jika dia wafat atau dibunuh, kamu
berbalik ke belakang (murtad)?Barang siapa yg berbalik ke belakang,
maka ia tidak akan mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan
Allah akan memberi balasan kepada orang2 yg bersyukur" : (Al-Imran :
144)
setelah membaca ayat tsb, dengan lantang Abu Bakar berkata :
"Barang siapa menyembah Muhammad, ketahuilah bahwa Muhammad telah
wafat, tetapi barang siapa menyembah Allah, ketahuilah bahwa Allah
hidup selama2nya"

setelah mendengar ayat tsb, umar langsung lemas dan menjatuhkan
tanganya ke tanah dan menyarungkan pedangnya kembali dan
beristighfar. bukan berarti umar tidak tahu ttg ayat tsb, tapi Umar
sempat lupa akan bunyi ayat tsb.

hhmm..jadi terbayangkan..seorang sahabat yg sehebat Umar bisa lupa,
apalagi seorang guru yg jaraknya jauh berabad2 dari Rasulullah,
tapi..Rasul pernah berkata
"Aku tinggalkan Al-Qur'an dan Sunnahku, niscaya umatku akan selamat"
jadi..apapun itu dan dari siapapun itu, apabila sudah menyalahi
aturan Al-qur'an dan Sunnah Rasul, hukumnya adalah wajib menolak dan
mempertanyakan landasannya. kalau kita bicara masalah islam, maka
landasannya adalah Al-Qur'an dan Hadist, bukan landasan guru or kyai
or syech.:)

"Janganlah ikuti apa yg tiada kamu ketahui. Sungguh, pendengaran,
penglihatan dan perasaan hati, masing2 akan dimintai
pertanggungjawaban" (QS 17:36)

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Bani Muhibbin"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> karena pak hidayat yang menyebutnya....
> begini ibu suhana, saya tidak menolak hadits yang
> disampaikan, hanya saja dari hadits itu saya menafsirkan
> dan meyakini bahwa Rasul saw itu tidak lupa dan yang lupa
> itu sahabat beliau, lalu Rasul saw mencontohkan jika
> sahabatnya lupa maka melakukan sujud sahwi.
> Ya Rasulullah saksikanlah bahwa aku mensucikan engkau ya
> Rasulullah dari sifat lupa, dan tiada manusia lain yang
> se-suci engkau ya Rasulullah..amin
>
> salamu alaikum wr wb

> Ikuti Kuis Ramadhan bersama TelkomNet Instan dari 12 Oktober s.d 2
Nopember 2005 di
> http://www.plasa.com/jatim
> dan dapatkan hadiah setiap minggunya ! (khusus Jawa Timur)

Need Help?  Get Help! Tools and Strategies for Healthy Drug-Free Living</a>.
http://us.click.yahoo.com/jcM4OD/dbOLAA/a8ILAA/wDNolB/TM