> hana wrote :

> hmm..kalau menurut aku nda ada jalur yg nyambung hingga
>ke
> Rasulullah. jadi kalau ada yg ngaku2 itu ngarang:)
>karena Rasulullah
> tidak punya anak laki2, karena meninggal semua saat
>masih kecil.
> cucunya hanya dari Fatimah dan itupun hasan dan husein
>meninggal
> rasanya juga tidak punya anak. jadi..kalau ada yg bilang
>nyambung ke
> Rasulullah itu ngaku2 namanya..:) hmm..kalau keturunan
>Umar ibn
> [...]

Ibu Suhana, mohon dijelaskan apakah tulisan anda diatas
berdasarkan ilmu atau dugaan saja ?, kitab karangan
siapakah yang menjelaskan bahwa keturunan Rasul saw
terputus (abtar) ?

QS.108 ayat 3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu
dialah yang terputus

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Ka'bubnul
Asyraf (tokoh Yahudi) datang ke Makkah, kaum Quraisy
berkata kepadanya: "Tuan adalah pemimpin orang Madinah,
bagaimana pendapat tuan tentang si pura-pura shabar yang
diasingkan oleh kaumnya, yang mengangggap dirinya lebih
mulia daripada kita padahal kita menyambut oramg-orang
yang melaksanakan haji, pemberi minumnya serta penjaga
Ka'bah?" Ka'ab berkata: "Kalian lebih mulia daripadanya."
Maka turunlah ayat ini (S. 108:3) yang membantah ucapan
mereka.
(Diriwayatkan oleh al-Bazazar dan yang lainnya dengan
sanad shahih yang bersumber dari Ibnu Abbas.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ketika Nabi saw.
diberi wahyu, kaum Quraisy berkata: "Terputus hubungan
Muhammad dengan kita." Maka turunlah ayat ini (S.108:3)
sebagai bantahan atas ucapan mereka.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah di dalam kitab
al-Mushannif dan Ibnul Mundzir yang bersumber dari
'Ikrimah)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Quraisy
menganggap kematian anak laki-laki berarti putus turunan.
Ketika putra Rasulullah saw. meninggal, al-'Ashi bin Wa'il
berkata bahwa Muhammaad terputus turunannya. Maka yata ini
(S.108:3) sebagai bantahan terhadap ucapannya itu.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari
as-Suddi.)

Diriwayatkan oleh al-Baihaqi di dalam kitab ad-Dalail yang
bersumber dari Muhammad bin 'Ali, dan disebutkan bahwa
yang meninggal itu ialah al-Qasim.

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ayat ini (S.108:3)
turun berkenaan dengan al-'Ashi bin Wa'il yang berkata:
"Aku membenci Muhammad." Ayat ini (S.108:3) turun sebagai
penegasan bahwa orang yang membenci Rasulullah akan
terputus segala kebaikannya.
(Diriwayatkan oleh al-Baihaqi yang bersumber dari
Mujahid.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ketika wafat Ibrahim
putra Rasulullah saw. orang-orang musyrik berkata satu
sama lain: "Orang murtad itu (Muhammad) telah terputus
keturunannya tadi malam." Allah menurunkan ayat ini
(S.108:1-3) yang membantah ucapan mereka.
(Diriwayatkan oleh at-Thabarani dengan sanad yang dha'if
yang bersumber dari Abi Ayyub.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa 'Uqbah bin Abi
Mu'aith berkata: "Tidak seorang anak laki-laki pun yang
hidup bagi Nabi saw. sehingga keturunannya terputus." Ayat
ini (S.108:3) turun sebagai bantahan terhadap ucapan itu.
(Diriwayatkan oleh Ibnu jarir yang bersumber dari Syamar
bin 'Athiyah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ketika Ibrahim putra
Rasulullah saw. wafat, kaum Quraisy berkata: "Sekarang
Muhammad menjadi Abtar (putus turunannya)." Hal ini
meyebabkan Nabi saw. bersedih hati, maka turunlah ayat ini
(S.108:1-3) sebagai penghibur baginya.
(Diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Ibnu
Juraij.)

Firman Allah Ta'ala dalam surat Al-Ahzab:33: "Sesungguhnya
Allah hendak menghilangkan kekotoran dari kamu, Ahlul Bait
dan hendak mensucikan kamu dengan sesuci-sucinya".
Abul Hasan Ali Bin Ahmad Al-Wahidi An-Nisaburi telah
menyebutkan dalam kitabnya Asbabun-Nuzul mengenai ayat di
atas, bahawa ia diturunkan untuk lima orang: Rasulullah
s.a.w., Ali Bin Abi Talib, Fatimah Az-Zahra', Al-Hasan dan
Al-Husain r.a. (m.s. 66).
Al-Hafiz Ibnu Kathir dalam menafsirkan ayat di atas
menyebutkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmizi
dan Bazzar dari Abi Hatim dari Awwam Bin Haushab r.a. dari
sepupunya, katanya, "Aku telah masuk bersama ayahku ke
rumah Aisyah r.a. maka aku menanyakan padanya tentang Ali
r.a." Aisyah menjawab, "Engkau menanyakan padaku tentang
orang yang paling dicintai oleh Rasulullah s.a.w. sehingga
ia dikahwinkan dengan puterinya yang paling dicintainya,
aku pernah melihat Rasulullah s.a.w. mendoakan Ali,
Fatimah, Hasan dan Husin r.a. lalu menutup di atas mereka
dengan suatu pakaian seraya sabdanya: Ya Allah mereka ini
adalah Ahli Baitku maka hindarkanlah mereka dari dosa dan
sucikanlah mereka sesuci-sucinya", kemudian aku mendekati
mereka sambil menanyakan: "Ya Rasulullah adakah aku
termasuk dari ahlibaitmu?" Baginda s.a.w. menjawab:
"Pergilah kamu, sesungguhnya kamu berada pada jalan yang
baik". Riwayat yang sama dikeluarkan oleh Al-Baihaqi dari
Wathilah Bin Al-Asga' dan berkata bahawa hadis ini sahih
asnadnya.
Hadis Ummu Salamah, bahawa Rasulullah s.a.w. berkata pada
Fatimah: "Bawalah padaku suamimu dan dua orang anakmu",
maka datanglah Fatimah bersama mereka lalu Rasulullah
s.a.w. menutupkan di atas mereka dengan kisa' (pakaian)
milikku yang kuperoleh dari Khaibar kemudian baginda
mengangkat kedua tangannya dan berdoa: "Ya Allah
sesungguhnya mereka ini adalah keluarga Muhammad maka
kurniakan selawat dan keberkatanmu kepada keluarga
Muhammad sebagaimana Engkau telah mengurniakan kepada
keluarga Ibrahim sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi
Maha Agung". lalu kuangkat kisa' itu supaya aku dapat
masuk bersama mereka namun ditariknya oleh Rasulullah
s.a.w. dari tanganku dan berkata: "Sesungguhnya kamu
berada di atas jalan kebaikan". Diriwayatkan oleh Abu
Ya'la dan Ibnu Asakir.
Al-Hakim dan Ibnu Syaibah juga meriwayatkan dari Ummu
Salamah dengan lafaz yang hampir sama dengan riwayat di
atas.
Berkata An-Nawawi dalam kitab Majmuk menukil dari
Al-Azhari dan yang lain bahawa mereka itu adalah itrahnya
yang dinasabkan kepada beliau s.a.w. Mereka itu ialah
anak-anak Fatimah r.a. dan keturunannya sepanjang zaman.

Apakah anda ragu dengan keberadaan keturunan Rasul saw ?

salamu alaikum wr wb
Ikuti Kuis Ramadhan bersama TelkomNet Instan dari 12 Oktober s.d 2 Nopember
2005 di
http://www.plasa.com/jatim
dan dapatkan hadiah setiap minggunya ! (khusus Jawa Timur)

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/kHgT2A/lbOLAA/a8ILAA/wDNolB/TM