Wa'alaikum salam wr.wb.,

Pak Zulkifli,
Alhamdulillah ...  saya tanggap kehati-hatian Anda di tulisan ini.
Saya tanggapi di bawah ini, ya? ...

On 11/22/05, zulkifli mahmood <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum.
>
> Saya ada satu soalan. Sekiranya bahan makanan najis yang masih ada dalam
> kolono manusia itu, adakah itu najis atau ngak?

kolono = usus?  Tidak najis, sebagaimana Bang Arland sampaikan ...

> Kalau ikut fikiran saya, najis itu ada bahan sisa makanan atau kemia yang
> dikeluarkan dari tubuh badan kita, justru itu kita keluarkan keringat dan
> air kencing. Tetapi buat air mani dan air mata, itu buat saya tidak najis.

Air keringat najis?  Apakah karena kandungan kimia yang ada di
dalamnya?  Apakah juga ada landasan hukumnya secara naqli?

> [...]
> kotoran yang lain2 nya karena lewatnya dari saluran kencing. Saya
> berpendapat bahwa hukum ini adalah, yang pertama, untuk menjaga kesihatan
> dan kebersihan diri kita; dan keduanya untuk mensucikan diri kita secara
> batin karena untuk buat amal yang baik, kita mesti sucikan diri kita sebelum
> bersembayang dan baca Al' Qur'an mukarim itu. Secucian itu ada di dalam
> Kalam Ayat Allah dan sekiranya kalau kita ingin membaca ayat-ayat suci dari
> Allah, kita mestilah bersihkan diri secara jasmani dan rohani, karena
> apabila membaca ayat-ayat suci itu, fikiran dan suara kita datang nya dari

Kalau saya tangkap, mani adalah tidak najis secara hukum agama
(sebagaimana dalam hadits).  Melihat kondisinya, pendapat di atas bisa
menjadi pendukung  'alasan aqli' untuk mengharamkan mani bila dimakan

> Hukum itu buat kita mematuhinya tetapi janganlah sampai mempersulitkan hukum
> itu sampai kita menjadi ragu-ragu dan was-was. Bertakwakal itu ada satu cara
> untuk kita memperniatkan kepada Allah. Jadi jangan lah sampai kita buat diri
> kita menjadi susah sampai kita lihat semua itu kotor dan najis.
>
> Kalau ikut hukum, niat kita untuk menjadi murni dan suci apabila kita
> mempunyai fikiran yang jujur dan iklas untuk mendapatkan cahaya mata dari
> Allah Maha Esa. Jadi disini, sekiranya, air mani itu yang datang nya dari
> persetubuhan Zina, adakah itu air mani kotor atau najis?

Zinanya yang terkutuk ... maninya, mestinya tidak perlu dibahas lagi,
Pak.  Itu menurut saya ...

Al'afwu minku.  Salam, Hidayat

> Sekian Terima Kasih.
>
> Wassalam.
>
> Joe

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/vJUKhA/lbOLAA/a8ILAA/wDNolB/TM

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata'ala kepada seluruh
manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya
adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu
wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang
tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas
yang engkau mampu.