jazakalloh khoiron katsiron...
pak ramdan memang benar diatas saya...
kalau saya bertanya bukan berarti sedang menguji, karena saya benar-2 dalam keadaan belum tahu...
saya masih tunggu dari ikhwan lainnya...

wassalam
iwan

Ramdan <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

ng...
setelah dicari-cari, ada dalil seperti mas Iwan.
semoga saja bisa mencerahkan untuk sementara... :)

Dari Nua'm al Mujammir, beliau berkata saya sembahyang dibelakang sayidina Abu Huraira Rda, maka beliau membaca bismillah, kemudian beliau membaca ummul Qur'an kemudian apabila sampai 'waladh Dhalin' beliau berkata Aamin, dan beliau mengucap tiap tiap sujud Allahu Akbar dan apabila berdiri pada raka'at kedua beliau mengucap Allahu Akbar, maka setelah beliau memberi salam beliau berkata:
"demi Tuhan yang jiwaku ditangannya, bahwasanya sholatku adalah sholat yang paling serupa dengan sholat rasulullah s..a.w"
(HR Nisai /Sunnah Nisai Juz II Halaman 134

Dari Abu Hurairah, dari nabi Muhammad saw bahwasanya nabi Muhammad saw apabila membaca (fatihah) sedangkan beliau menjadi imam beliau memulai bacaannya itu dengan bismillah, lalu Abu Hurairah berkata bahwa Bismillah itu adalah salah satu ayat dari al-fatihah (kitab Allah).
(HR Daruquthni, Lihat Al-Majmu' III- halaman 345)

sampai sampai Imam Nawawi menyatakan :
Adapun menjaharkan bacaan bismillah dalam sholat telah terang dan nyata dari rasulullah dengan sanad sanad yang tidak diragukan lagi oleh ahli-ahli hadits.
(Al-Majmu’ syarah Muhadzab By Imam Nawawi Juz III,halaman 244
eh...
malah dalil yang mengucapkan bismillah, ya...
maaf... maaf...

salam
:)