jazakalloh khoir,
bagi saya tulisan tsb adalah ungkapan hati seorang muslim yang sayang akan
saudaranya untuk mewujudkan pesan Rosul saw yaitu setiap muslim bagaikan
bangunan yang satu dan juga perwujudan ajaran Al Quran yaitu Rosulullah saw
dan orang-orang beriman yang bersamanya tegas terhadap orang kafir tetapi
saling berkasih sayang diantara mereka (as-syidda-u 'alal kufar, ruhama-u
bainahum), sekarang kita lihat fenomena kebalikan dari ajaran Al Quran yaitu
ada orang berkasih sayang dengan kho ping ho namun keras dengan kitab
maulid/sejarah Nabi saw,  dan kita juga telah diingatkan bahwa iblis
laknatulloh akan selalu menghasud setiap manusia termasuk orang  Islam
dengan kebanggaan mengutip ayat Al Quran dan Al Hadits namun kosong dalam
pemahamannya. Ketika diingatkan agar tidak sombong maka dia yakin merasa
tidak sombong dan sepertinya sangat yakin tidak tergoda dengan hasutan iblis
laknatulloh bahkan berbalik menuduh orang yang telah mengingatkannya dengan
kutipan ayat Al Quran, mungkinkah iblis laknatulloh telah menguasai hatinya
? Allohu a'lam bi showab.

oleh karena itu, sebagaimana telah diajarkan oleh guru-2 kami (termasuk dari
kalangan habaib) agar membiasakan membaca ta'awudz pada pagi dan sore hari
sehingga insya Allah kita mendapat perlindungan dari Allah SWT atas hasutan
iblis laknatulloh, yaitu :
a'udzu billahis-sami'il 'alim minas-syaithonir-rojim
(aku berlindung kepada Allah, Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari
hasutan syaithon yang terkutuk)

salam
ridwan