Wah kalau masalah apa yang menyebabkan ada suku ini dan suku itu
saya tidak tahu persis Mas Naufal... Ya mungkin juga karena adanya
perbedaan bahasa, adat istiadat dan letak geografisnya. Yang saya
ingat, dahulu sekali sewaktu masih duduk di sekolah dasar Ibu Guru
pernah bilang bahwa suku Batak ada di Sumatera Utara, suku Sunda ada
di Jawa Barat, suku Betawi ada Jakarta, dst.... :)

Tapi yang pasti, Allah menciptakan kita bersuku-suku agar kita mudah
untuk saling mengenali. "Oh ini Mas Naufal yang orang Jawa itu
ya...". "Oh itu Kang Ncep yang dari Sunda ya..." Seperti Firman
Allah SWT:

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-
laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa
dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal." (49:13)

Saya setuju jika tradisi dan kebudayaan dari berbagai suku yang ada
di Indonesia bahkan yang ada di seluruh dunia dijaga dan
dilestarikan. Tapi tradisi dan kebudayaan yang seperti apa yang
mesti kita jaga? Apa dengan alasan menghormati warisan nenek moyang
kita harus menjaga semua adat dan tradisi tersebut tanpa kecuali?

Inilah yang mesti kita cermati sebagai seorang manusia yang mengaku
Muslim. Ingat firman Allah Ta'ala:

"Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadatku, hidupku dan matiku
hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." (6:162)

Keseluruhan hidup kita adalah dalam rangka beribadah kepada Allah,
hanya untuk Allah. Karena itu jika  ada hal-hal yang melanggar
aturan Allah (termasuk tradisi dan kebudayaan yang tidak sesuai
dengan ajaran Islam) sudah seharusnyalah bagi kita untuk memberantas
dan mencegahnya agar tidak terus berkembang (tentunya sebatas
kemampuan yang kita miliki).

Jadi, jawaban pertanyaan mas naufal di bawah adalah, "Siapa yang
seharusnya lebih kita Jaga, aturan Allah atau tradisi nenek moyang?"

Begitu saja dari saya Mas Naufal, serius tapi santai yaaa... :)

Salam
WnS

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Naufal" <[EMAIL PROTECTED]>