wah, sama dong pak Ade, dulu juga saya ngga pernah peduli sama hal-
hal yang seperti itu. Maklum, saya besar di lingkungan keluarga NU
tulen.
Dulu kalau tanya soal itu, orang tua saya cuma menjawab kalau yang
namanya NU itu pake Sayyidina, kalau yg bukan NU ngga pake sayyidina.
Begitu juga dengan amalan2 lainnya seperti tahlilan dan sejenisnya.

Setelah gede begini, alhamdulillah saya jadi rajin pergi ke toko buku
dan baca buku2 karangan ulama2 terdahulu (yang versi terjemahan).

Akhirnya, saya jadi bingung... Sebenarnya NU itu identik dengan ULAMA
siapa sih... Kalau dibilang NU itu bermadzhab Syafi'i, tapi kok
banyak hal2 yang saya baca di buku2nya karangan Imam Nawawi yang
justru berbeda dengan apa yang diamalkan orang NU. Kalo ngga salah
Imam Nawawi itu kan salah satu ulama pemberi fatwa dari madzhab
syafi'i kan... Dan denger2, katanya amalan orang2 NU ini juga banyak
yang berbeda dengan kitab induknya (al-Umm) Imam Syafi'i (untuk kitab
yang satu ini, saya belum dapat yang versi terjemahannya, mungkin ada
sodara2 yang bisa memberi info tentang kitab Al-Umm versi terjemahan?)

Pertanyaan saya, jadi sebenarnya NU ini menginduk kepada ulama (Imam
yang empat) siapa sih?

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Ade Sanjaya Aliyasa"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum wr wb
>
> Sangat menarik tentang sayyidina ................ setadinya saya
acuhkan aja kalau memang ada yang pakai atau tak pakai sayyidina
karena saya berpikir masing masing punya muslim punya guru yang
berbeda dan akar ke islaman yg berbeda pula walaupun tujuannya tetap
sama .

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: