Hakekat Zakat

Saya pernah menjumpai orang yang ketika sendalnya dimasjid
mendamprat pengurus masjid yang dianggapnya tidak becus ngurusin
umatnya. Namun saya juga pernah juga bertemu dengan orang yang kotak
duitnya diambil orang diam saja bahkan memperlakukan sang pencuri
sebagai orang yang terhormat. Entah kenapa saya justru terusik untuk
mendapatkan pencerahan dari kejadian yang terakhir.

"Pak bukankah ketika orang mengambil kotak duit itu berarti bapak
membiarkan orang lain berbuat kedzaliman, kenapa tidak
mempertahankan hak bapak? Kenapa malah memperlakukan pencuri itu
dengan hormat?" tanya saya.

"Itulah hakekat zakat buat saya. jika ada orang yang mengambil
barang orang lain tanpa ijin tentunya karena dia sedang butuh. Dan
saya mengikhlaskannya tentunya orang yang mengambil itu telah
memberikan pelajaran berharga patut mendapatkan penghormatan."
Jawabnya.

Sekedar catatan aja, apakah kita sudah mampu memberikan harta yang
kita cintai kepada orang lain? Apakah kita mampu memberikan kotak
uang yang seharian kita capek menyarinya atau mengumpulkannya
berhari-hari? Jika itu mampu kita lakukan berarti itu sebuah
penyucian diri yang sempurna

Wassalam,
Agussyafii
http://agussyafii.blogspot.com