lalu bagaimana dg hadits qudsiy yg  mengatakan : Bila aku mencintainya, maka
aku akan menjadi telinganya yg  dipakainya utk mendengar, lalu aku akan jadi
matanya yg ia pakai untuk  melihat, lalu aku akan menjadi tangannya yg ia
gunakan untuk mengayun,  lalu aku akan menjadi kakinya yg ia gunakan untuk
berjalan (shahih  Bukhari), uda deh pak.. ngalah aja, ude tua, ngga baek keras
kepala  gitu,, ntar kalau wafat ngga ada yg tahlilin rugi lho..

wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Persis...! Jadi dalam al-Quran itu ada kalimat yang bermakna kiasan,
  dan ada pula yang bermakna apa adanya. Khusus ayat2 yang menunjukan
  SIFAT Allah, maka para Imam telah bersepakat untuk memaknai APA
  ADANYA, tanpa ta'wil, takyiif, tamtsil, dan ta'thil. Sifat-sifat
  Allah tersebut misalnya hayah (hidup), qudrah (mampu), 'Ilm
  (mengethui), sama' (mendengar), bashar (melihat), iradah (kehendak,
  kalam (berfirman), Istiwa' 'Alal-'Arsy (Bersemayam Di Atas 'Arsy),
  dan seterusnya...

  Sifat2 Allah diatas (kaifiatnya) tidaklah sama dengan sifat2
  mahluknya. Sebagaimana yang dijelaskan para Imam, bahwa Allah itu
  berbicara tapi tidak seperti bicaranya mahluk, Allah mendengar tapi
  tidak seperti mendengarnya mahluk, Allah melihat tapi tidak seperti
  melihatnya mahluk, dan seterusnya sebagaimana firman Allah
  SWT "Laisa kamitslihi Syai un". Manusia hanya bisa mengetahui
  maksudnya hanya secara bahasa saja, tapi tidak ada yang mengetahui
  caranya kecuali Allah dan yang pasti tidak sama dengan mahluk2Nya,
  karena memang tidak ada sesuatu pun yang menyerupai DIA.

  Ada sebuah riwayat yang menunjukkan mana ayat Allah yang menunjukkan
  sifat Allah yang harus diterima apa adanya dan mana yang berupa
  makna kiasan yaitu ketika ada seorang wanita yang bertanya kepada
  Imam Abu Hanifah tentang keberadaan Allah. Beliau menjawab Allah ada
  DI LANGIT, tidak di bumi. Kemudian ada orang yang menyanggah hal
  tersebut dengan membawakan firman Allah yang menyebutkan bahwa Allah
  itu BERSAMAMU. Bukankah itu berarti Allah ada dimana2? Imam Abu
  Hanifah berkata kalau ayat itu bermakna kiasan, itu adalah seperti
  ungkapan seseorang yang menulis surat kepada sahabatnya "Saya akan
  selalu bersamamu", padahal ia ada di tempat yang jauh darinya. (al-
  Baihaqi, "al-Asma' wa ash-Shifat", II/170)

  Allah bersemayam diatas 'Arasy, tapi ILMU ALLAH MELIPUTI SETIAP
  TEMPAT dalam alam semesta ini tanpa kecuali, sebagaimana yang
  dikatakan Imam Malik:" Allah di langit, dan ilmu Allah meliputi
  setiap tempat."

  --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, bos gila <[EMAIL PROTECTED]>
  wrote:

  > eh.. akang akang yg baik hati, (kalo  gue caci elu ntar gue
  diomelin moderator seh.. hue,.,he,,) elu jangan  kepengaruh dg
  ucapan wahabi dong segala gala harus dg makna  lahiriyahnya, ngga
  bisa gettooo..

  >   kan banyak bahasa kita yg juga  bermakna kiasan, kalau saya
  bicara hujan kelembutan Nya selalu membelai  sanubari mukminin.. (ni
  model2 ceramah guru gue)

  >   apa maksudnya ujan badai.. ya kagak..
  >
  >   kalau ada orang bilang presiden diatas menteri apa bermakna
  presiden nginjak kepala menteri..??

  wrote:
  > secara tidak langsung, ini mengakui yg namanya "manunggaling
  kawula gusti"-nya Shekh Lemah Abang alias Shekh Siti Jenar.... :))
  >   gusti allah serasa menyatu dengan diri kita...
  >
  >   salam,
  >   ananto
  >

  >   On 12/22/06, Ramdan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:            Bos,
  > membaca dari penjelesan lu,
  > seluruh alam ini tidak kosong dari Alla,
  > tiada satu jengkal pun di jagad raya ini yg nafi dari Allah swt.
  >
  > jadi kita dan alam semesta ini bagian dari Alloh, githu...?
  >

  >   On 12/22/06, bos gila < [EMAIL PROTECTED]  > wrote:
  >
  > wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  >       Bos Gemblung, yang berbicara mengenai hal itu bukan saya.
  Saya hanya
  > mengutip perkataan para Imam. Apa anda merasa lebih pintar dari
  > mereka?
  >
  > Saya ulang lagi perkataan mereka yang dalam hal ini TIDAK ADA
  > PERBEDAAN PENDAPAT. Mereka dengan sangat jelas mengatakan:
  >
  > Imam Abu daud meriwayatkan dari Abdullah bin Nafi', katanya: "Imam
  > Malik berkata,'ALLAH DI LANGIT, dan ILMU ALLAH meliputi SETIAP
  > TEMAPT'". (Masail al-Imam Ahmad   hal.263)
  >
  >   LANGIT   bukanlah langit yg difahami dalam bahasa indonesia,
  langit dalam bahasa  arab adalah sesuatu yg tinggi yg menaungi kita"
  (Mukhtarusshihhah juz 1  hal 133), oleh sebab itu maksud para
  Muhaddits bahwa Allah itu menaungi  seluruh makhluk, barat, timur,
  utara, selatan, alam barzakh, sorga,  neraka, arsy, alkursiy, lauhul
  mahfudh, 7 lapis langit, semua dibawah  naungan Allah.
  > dan semua itu tak menyimpan Allah, atau berisikan Allah.., mereka
  dipenuhi keagungan, kewibawaan, dan kekuasaan Allah swt,

  >   seluruh alam ini tidak kosong dari Alla, tiada satu jengkal pun
  di jagad raya ini yg nafi dari Allah swt.

  >     Ketika ada seorang wanita bertanya kepada Imam Abu
  Hanifah: "Dimana
  > Tuhan Anda yang Anda sembah itu?" Beliau menjawab: "Allah ada di
  >   langit, tidak di bumi." Kemudian ada seseorang
  bertanya: "Tahukah
  > anda bahwa Allah berfirman, `Allah itu bersamamu' (QS. al-
  Hadid:4).