Hehehe... Iya juga ya....

Yang pasti ujungnya itu harus kata Allah (al-Quran) atau kata
Rasulullah (hadits), karena dijamin pasti bener...!

Ingat ngga waktu kita dulu masih sekolah. Kalau si Guru sedang
mengemukakan suatu teori atau hukum, pasti dia akan menyebutkan
siapa orang yang menemukan atau mengemukakan teori tersebut.
Misalnya Pak Guru menyebutkan suatu teori yang berbunyi air akan
selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Kalau
kita tanya kata siapa teori tersebut, pasti Pak Guru akan
menyebutkan nama ilmuwan yang mengemukakannya (kalau nggak salah
archemedes ya... :). Tentunya pak Guru tersebut ndak akan
menjawab, 'Kalau kata gurunya pak guru sih, begitu..." :)

Apalagi ilmu akhirat, tentu harus lebih jelas dan bukan katanya-
katanya saja, karena kalau salah resikonya jauh lebih besar, kan...
Kalau pak ustadz mengemukakan suatu teori atau memberi suatu amalan,
sebaiknya kita tanya teori/amalan itu sumbernya darimana, dan
bagaimana bunyi teorinya secara lengkap... Contohnya kalau pak
Ustads berkata kalau malam jumat kliwon itu kita harus melakukan
amalan ini dan itu, sebaiknya kita bertanya amalan tersebut
sumbernya darimana. Atau contoh yg sdg dibicarakan kalau lagi marah
itu harus wudhu atau mandi, seharusnya kita bertanya teori itu
sumbernya darimana. Misalnya kalau quran surat dan ayat berapa,
kalau hadits riwayat siapa... Nah, itu baru namanya ngaji....  :)

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ramdan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kang,
> bukan kah ujung2nya memang selalu "katanya.."  :-)
> entah kata perawi hadits, entah kata Nabi (alias Hadits), ato kata
Qur'an
> (alias wahyu Alloh)...
> he he he...
>
> awas, jangan balik komen dengan tanya: 'masak sih..?!'
>

> salam sono
> :-)

40yahoogroups.com>,

40yahoogroups.com><keluarga-islam%