Ikutan sharing ya...

Menurut para ulama berdzikir merupakan salah satu ciri dari orang2
beriman yang dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Dengan
dzikrullah (mengingat Allah), tingkahlaku akan selalu terjaga dan
hatipun akan menjadi tentram. Berdasarkan alasan tersebut, dzikir
dalam konteks "mengingat" Allah memang seharusnya kita lakukan
setiap saat, bahkan ketika kita tidur. Sedang dzikir dalam
konteks "ritual", ada yg dilakukan secara lisan, adapula yg disertai
gerakan atau tindakan. Sholat adalah contoh dzikir yang dilakukan
secara lisan dan gerakan.

Dzikir yang diucapkan secara lisan ada yang "ditentukan" jumlahnya
dan ada pula yg "tidak ditentukan" jumlahnya. Nah, dzikir yang
ditentukan jumlahnya ini haruslah berdasarkan dalil dari Rasulullah,
karena hanya Rasulullah sendiri dan Allah SWT yang mengetahui
rahasia dibalik jumlah tersebut. Karena jumlah bilangannya harus
tepat sesuai dengan yg ditentukan Rasulullah, tentu harus ada cara
untuk menghitungnya. Kemudian teknis penghitungannyapun diajarkan
oleh Rasulullah, yaitu dengan jari.  Mengapa dengan jari, karena
sekali lagi syariat Islam tidak pernah menyulitkan, tetapi
memudahkan, artinya tidak perlu repot2 pakai alat, plus ditambah
penjelasan dari Rasulullah tentang keutamaan berdzikir dengan jari.

Sepengetahuan saya pula, berdasarkan dalil2 yg shahih dzikir
yg "ditentukan" jumlahnya tidaklah ada yg jumlahnya sampai ribuan yg
tentunya akan menyulitkan kita utk menghitungnya (apalagi dgn jari).

Dizikir2 yang ditentukan jumlahnya misalnya seperti dzikir sehabis
shalat yg 33x itu, kemudian juga dzikir2 spt berikut:

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah s.a.w.
bersabda, "Barangsiapa membaca: Lâ ilâha lillallah wahdahû lâ
syarîkalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli Syaiin qadîr,
dalam sehari seratus kali, maka sama dengan memerdekakan sepuluh
hamba sahaya, dituliskan baginya seratus kebaikan, dihapuskan
darinya seratus kesalahan. Bacaan tersebut menjadi penghalang
baginya dari syetan pada hari itu hingga sore hari. Tidak ada yang
menghadirkan yang lebih utama daripada yang dia hadirkan kecuali
orang yang lebih banyak membacanya daripadanya." (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah r.a. sesungguhnya Rasulullah bersabda, barangsiapa
yang membaca subhanallah wabihamdihi pada satu hari seratus kali,
dihapuskan kesalahannya sekalipun seperti buih lautan. (HR. Bukhari)

Dari Utsman bin Affan r.a. dia berkata, Rasulullah s.a.w.
bersabda, "Tidak ada seorang hamba pun yang membaca setiap pagi dan
sore setiap malam: bismillah lâ yadhurruhu ma'asmihi syaiun fil
Ardhi wa lâ fis samâ-I wahuwas samîul alîm. Tiga kali maka tidak
akan ada yang memudhuaratkannya sesuatu pun." (HR. Tirmdzi).

Dan masih banyak lagi contoh2 dzikiran lainnya seperti dzikir al-
Ma'tsurat, kesemuanya tidak lebih dari 100x. Sedangkan dzikiran yg
jumlahnya hingga ribuan kebanyakan berasal dari sumber yg tdk jelas,
selain berat utk melakukannya, juga sangat repot utk menghitungnya,
padahal syariat Islam tdk pernah menyulitkan, melainkan memudahkan..

Salam :)

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Cut Mhutia Alkaff
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Itu kan menurut anda.. silahkan saja.. klo semua letaknya di hati,
silahkan dzikir di hati, shalat di hati, puasa di hati, nikah di
hati, sampe makan & minum di hati juga boleh.. hehe..

dengan Nabi yang tasbih lebih dari 300, Kalau saya cenderung tidak
mempermasalahkan tangan atau tasbih, meskipun sunah, bagaimana
dengan zikirnya Nabi yang tidak menggunakan tangan " Mataku tertidur
namun hatiku tidak", begitulah kata Nabi, semua diletakan di dalam
hati, maknanya sebenarnya luas karena tekstualnya hadish yang dibaca
sehingga kelihatan sempit, semua hadish, Al'Qur'an itu saling
berkaitan.

[EMAIL PROTECTED] s.com]On Behalf Of Cut Mhutia Alkaff
> Sent: Monday, September 03, 2007 4:13 PM
> To: keluarga-islam@ yahoogroups. com
> Subject: Hal: [keluarga-islam] Re: BAGAIMANA MEMAHAMI BID`AH
>

> " Mari kita saling bekerja sama dalam hal-hal yang kita sepakati,
dan mari saling memaafkan dalam masalah2 yang kita berbeda pendapat"

> Salam
> icut

tubuh yg satu ini kelak di hari akhir. Ini hal ghoib yg disampaikan
Rasulullah dalam hadistnya. Ga bisa diakal2-in.. .

> Mengenai kumur2 dan bersiwak, ada perbedaan pendapat
(khilafiah). .  silahkan diteliti sendiri ya..

> Afwan keterbatasan pengetahuan saya.
>
> Salam
> icut

tidak diperintahkan, apakah umatnya juga ikut dalam golongan yang
tidak diperintahkan untuk bersiwak..?
> kenapa ada di haditsnya?
> bukan kah menurut kakak icut hadits adalah hal2 yg menjadi
petunjuk, diperintahkan, dianjurkan dan dilarang..?
> jadi bagaimana hukum bersiwak ini..?
> makruh..?
>
> dan apakah Nabi juga bersiwak tetapi sekaligus berkumur juga..?
>

> mohon maaf...
>
> salam
> :-)

sumbernya kurma. Kenapa kurma? kurma rasanya kan manis. Kenapa
dengan kurma yg manis ini? coz kurma mengandung kalori yg tinggi
sehingga bisa mengembalikan kebugaran tubuh setelah berpuasa. Nah,
bisa disimpulkan dong klo yg disunnahkan pada saat berbuka adalah
dengan makanan yang manis - enak dimulut dan enak di perut nih - dan
juga bisa mngembalikan kebugaran tubuh yg di wakili olah kurma tadi.
Dan umat islam dimanapun tetap bisa melakukan sunnah rasul dlm hal
berbuka puasa ini, tidak harus kurma. Kalo bisa dengan kurma
alhamdulillah. .. kalo ga ada, ya dengan makanan manis yang lain
saja intinya makanan yg halal lg baik yg fungsinya sama dgn kurma
tadi. Bagi yg mengabaikan sunnah ini silahkan aja buka dengan
makanan yg asem atau pahit.. hehe.. di jamin ga enak perut deh..
> Istri nabi kan banyak, jadi masing2 udah dapat gilirannya. Untuk
tidak menzhalimi hak istri yg mendapat giliran pada malam itu, maka
Rasulullah minta izin terlebih dahulu. Disini bisa diperhatikan jg
rahasia keharmonisan rumah tangga Rasul yg bisa di jadikan contoh..
Lihat dong gimana Rasulullah begitu memperhatikan pemenuhan hak2
istrinya.. Nah, bapak2 yg mau shalat malam kira2 akan menzhalimi hak
istrinya ga? klo khawatir menzhalimi maka minta izin istri lebih
baik.
> Rasulullah bersiwak setiap setiap waktu sholat, tetapi tidak
memerintahkan sahabat utk ikut bersiwak setiap akan shalat, yang
diperintahkan adalah berkumur2 dalam wudhunya. Jika kita mampu
bersiwak setiap akan shalat tentu lebih bersih kan ? tapi jika akan
menyulitkan maka berkumur2 saja.
> Kita mengetahui apa yg dilakukan dan di katakan Rasulullah adalah
dari hadist2 karena kita kan ga ketemu langsung dengan Rasulullah.
Dari hadist2 inilah kita bisa mengambil apa2 / hal2 yg menjadi
petunjuk, diperintahkan, yg di anjurkan atau yang di larang. Nah,
mana hal2 yg menjadi petunjuk, diperintahkan, dianjurkan dan di
larangan ini lah yg disebut ajaran/sunnah itu. Kurang lebih begitu.
> Demikian, maaf bila ada kekurangan.
> Salam
> icut

wassalam) adalah berbuka puasa dengan buah Kurma..?

> atau kah seroang suami yang pada malam-malam melakukan sholat
tahajud, tetapi tidak bilang/minta ijin dahulu ke istrinya,
> karena nabi meminta ijin untuk sholat malam kepada istrinya..?
>
> atau yang tidak pernah bersiwak sebelum sholat karena Nabi
melakukannya. .?

> atau bagaimana..?
>
> dan mohon penjelasan lagi,
> apakah setiap sunnah ada hadits nya atau apakah setiap hadits itu
adalah sunnah..?
> atau pertanyaan saya salah..?  :-)
>

> salam...
> :-)

mengandalkan keterbatasan akalnya saja, dan akhirnya menjadi orang2
yang hudud dunia.

<pratikno.ananto@ ...>
> wrote:
> .
>

> Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di
Yahoo! Answers

> This message (including any attachments) is only for the use of
the person(s) for whom it is intended. It may contain Mattel
confidential, proprietary and/or trade secret information. If you
are not the intended recipient, you should not copy, distribute or
use this information for any purpose, and you should delete this
message and inform the sender immediately.

> Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di
Yahoo! Answers

> Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang
Anda! Kunjungi Yahoo! Answers saat ini juga di
http://id.answers.yahoo.com/

Kirim email ke